Setelah di Tapin, Kalsel Minta Bantu Bangun Tiga Bendungan (Lagi)

  • Whatsapp

Tapin, infobanua.co.id – Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya Kecamatan Piani Kabupaten Tapin, Kamis (18/02).

Momentum kehadiran Jokowi itu tak disia-siakan Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal untuk menyampaikan permintaan dukungan penuh pemerintah pusat dalam hal peningkatan infrastruktur daerah.

Permintaan dukungan antara lain pembangunan Bendungan Pancur Hanau di Kabupaten HST, Bendungan Riam Kiwa di Kabupaten Banjar dan Bendungan Kusan di Tanah Bumbu.

Selain itu diharapkan dukungan untuk pembangunan irigasi rawa dan normalisasi sungai Martapura, termasuk rehabilitasi DAS Barito.

“Tujuannya adalah untuk mencegah bencana banjir di masa depan. Di samping itu, perlu juga dukungan sistem peringatan dini kebencanaan, ” ujar Safrizal.

Ia pun tak lupa mengucapkan perhatian yang sudah diberikan pemerintah pusat.

“Presiden terus memberikan dukungan dalam mempercepat pembangunan, termasuk perhatian luar biasa dalam penanganan bencana banjir di Kalsel,” ujar Safrizal.

Dalam kunjungannya ke Bendungan Tapin, Jokowi juga menabur bibit ikan di kawasan waduk yang memiliki luas genangan hingga 425 hektare dan kapasitas tampung hingga 55,77 juta meter kubik.

Bendungan ini diproyeksikan mampu mengairi irigasi seluas 5.472 Ha dan berfungsi sebagai pembangkit listrik 3,3 mW. Nantinya, bendungan ini juga akan difungsikan untuk pengendali banjir hingga objek wisata bagi masyarakat.

“Bendungan multipurpose ini memiliki potensi air baku, sumber energi listrik, pengendali banjir, serta mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan,” lanjut Safrizal

Pembangunan bendungan menelan biaya hingga Rp.986.503.498.000. Terdiri dari bendungan utama, jembatan relokasi, bendungan Pelana, Bangunan Pelimpah, Bangunan Fasilitas, Bangunan Pengambilan dan Gerbang Selamat Datang.

Rel/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *