Tesalonika: Pemerintah Selenggarakan Program JKN-KIS, Saya Sekeluarga Sangat Bersyukur

  • Whatsapp

Banjarmasin, infobanua.co.id – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat ini memang sudah menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat dalam hal jaminan atas biaya pelayanan kesehatan untuk keperluan berobat. Hal itu pula yang dirasakan oleh Tesalonika Prisilia, wanita berusia 29 tahun ini  adalah salah satu peserta JKN-KIS yang benar-benar sangat merasakan manfaat dari program ini.

 

Saat ditemui oleh tim Jamkesnews (30/12), wanita yang akrab disapa Tesa ini menceritakan pengalaman dirinya saat memanfaatkan Program JKN-KIS.

 

“Adanya program ini dan telah menjadi peserta JKN-KIS saya benar-benar bersyukur, saya sangat terbantu dengan adanya program ini. Pertama kali saya gunakan saat tahun 2017 untuk persalinan dengan metode caesar. Syukurlah semua biaya selama saya dirawat benar-benar dijamin oleh Program JKN-KIS.” Kata Tesa.

 

Tesa kembali melanjutkan cerita pengalamannya terbantu dengan Program JKN-KIS. Kali ini dari keluarganya sendiri yang tidak lain adalah orang tua dari Tesa. Di sinilah Tesa menyatakan bahwa kehadiran program ini benar-benar sangat membantu dirinya dan keluarganya.

 

“Orang tua saya di tahun 2018 dinyatakan mengidap gula darah, akhirnya hingga sampai saat ini orang tua saya harus rutin tiap bulan kontrol ke rumah sakit untuk melakukan pengobatan insulin. Pastinya sudah tau biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan tersebut dan harus dilakukan secara rutin tiap bulannya. Di sini saya benar-benar bersyukur karena pemerintah telah menyelenggarakan program ini sehingga seluruh biaya pengobatan orang tua saya dapat dijamin oleh JKN-KIS” tambah Tesa.

 

Tesa pun mengatakan bahwa selama berobat dengan JKN-KIS, baik dirinya maupun orang tuanya telah dilayani dengan baik. Tesa juga menepis opini negatif yang sering beredar terhadap pelayanan kesehatan saat menggunakan JKN-KIS. Menurutnya opini masyarakat tersebut terjadi akibat pemahaman masyarakat yang masih kurang saat ingin menggunakan Program JKN-KIS untuk keperluan berobatnya.

 

“Pada dasarnya semua penanganan kesehatan dapat dijamin oleh JKN-KIS asalkan sesuai dengan indikasi medis, mengikuti prosedur dan ketentuan yang ditetapkan. Untuk itu, sangat penting  bagi masyarakat memahami berbagai ketentuan dan juga prosedur yang diterapkan dalam pelayanan kesehatan,” jelas Tesa.

 

Rel/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *