UN Ditiadakan Ganti Ujian Sekolah

  • Whatsapp
Anwar Sanusi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur

Samarinda, Infobanua.co.id – Pada tahun 2021 ini Biaya Operasional Sekolah Nasional (Bosnas) ada perubahan yakni SMA antara Rp. 1.500.000,00 – Rp. 3.470.000,00 sedangkan SMK Rp. 1.600.000,00 – Rp. 3.720.000,00 dan untuk SLB Rp. 3.500.000,00 – Rp. 7.940.000,00 nanti ada petunjuk teknis (Juknis) yang diberikan oleh Kementerian.

Peningkatan mutu pendidikan SMA dan SMK di wilayah Kalimantan Timur prioritas daerah pedalaman atau terdepan, terpencil dan tertinggal (3T) perkiraan mungkin lebih tinggi dari pada perkotaan menerima Bosnas, tutur Anwar Sanusi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur, Kamis (18/2/2021).

“Tentu kita menunggu Juknis dan SK penetapannya sekolah mana saja yang mendapatkan Bosnas dengan dana tertentu itu”.

Kita ketahui, bahwa untuk SMK ada bursa kerja, magang dan lainnya. “Memang biayanya dari BOS akan tetapi dana diperlukan lebih besar dari pada yang diberikan oleh pemerintah pusat dan  pemerintah provinsi,” maka itu ada namanya Bosnas dan Bosda.

Selain itu, peserta didik SMK juga dapat mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK)  sesuai dengan ketentuan dan tentu dananya lebih tinggi sedangkan Bosnas tidak mencukupi maka dibantu dengan Bosda.

Dalam hal ini, sekolah-sekolah sedang sibuk persiapan UKK dan ujian sekolah jadi ujian nasional (UN) tidak ada secara nasional yang biasa diselenggarakan bersama-sama.

Masih menurut Anwar, sekolah mengadakan ujian sendiri namanya ujian sekolah. Kapan waktunya, sebenarnya hal ini diserahkan ke sekolah masing-masing yang tahu kondisi sekolahnya dan bahasa kerennya itu MBS (Manajemen Berbasis Sekolah).

Jadi, kemungkinan waktu ujian sekolah bisa sama di bulan April 2021 dan sekolah dapat membuat materi soal secara mandiri dengan berdasarkan acuan kurikulum nasional ataupun kurikulum darurat.

“Setiap sekolah menyelenggarakan ujian kelulusannya sendiri, dengan mengikuti kompetensi-kompetensi dasar yang sudah ada secara nasional,” tambah dia. (Rey)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *