Dispera Kota Blitar Optimis Dapat Capai Target Perbaikan RTLH

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar, Erna Santi.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, dalam hal ini Dinas Perumahan Rakyat (Dispera) Kota Blitar, sangat optimistis jika dapat mencapai target untuk menyelesaikan perbaikan rumah sejumlah 1.200 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada tahun 2021 ini.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar, Erna Santi, mengatakan bahwa, tahun 2021 ini, Dinas Perumahan Rakyat mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 3,5 Miliar untuk memperbaiki 238 unit Rumah Tidak Layak Huni.

Sedang anggaran tersebut diperoleh dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 02 Miliar untuk perbaikan 140 unit rumah dan dari APBD Kota Blitar sebesar Rp 1,5 miliar untuk perbaikan 98 unit rumah.

“Kami sangat optimis target perbaikan 1.200 unit rumah tidak layak huni di Kota Blitar dapat terselesaikan,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar, Erna Santi, Sabtu 20-02-2021.

Menurut Erna, bahwa perbaikan 1.200 unit rumah tidak layak huni dilakukan secara bertahap sejak tahun 2017.

Sedangkan setiap tahunnya, Dinas Perumahan Rakyat mendapatkan alokasi anggaran dari DAK dan APBD untuk perbaikan rumah tidak layak huni.

Anggaran dari DAK khusus untuk perbaikan rumah tidak layak huni yang kondisinya rusak berat.

Sedang, dana dari APBD Kota Blitar digunakan untuk perbaikan rumah tidak layak huni yang kondisinya rusak ringan dan sedang.

“Dari DAK alokasi bantuannya Rp 20 juta per rumah, sedang dari APBD alokasi bantuannya mulai Rp 7,5 juta sampai Rp 17,5 juta per rumah,” jlentrehnya.

Selanjutnya Erna menjelaskan bahwa, sesuai database yang ada di Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar, masih ada 1.600 unit rumah tidak layak huni di Kota Blitar.

Sedang perbaikan 1.600 unit rumah tidak layak huni tersebut akan dilakukan pada periode lima tahun kedepan.

“Database kami tercatat ada 2.800 unit rumah tidak layak huni. Sedangkan 1.200 unit telah diperbaiki pada periode lalu, sedang 1.600 unit lagi akan diperbaiki pada periode berikutnya,” pungkasnya. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *