Nenek Kasturi Pengidap Diabetes Akhirnya Mendapat Rawatan Dari Pihak Puskesmas

  • Whatsapp

Buntok, infobanua.co.id – Nenek Kasturi (57) yang mengidap penyakit diabetes sampai membutakan matanya yang sudah dua Tahun trakhir ini, kini akhirnya mendapatkan rawatan dari pihak Unit Pelaksana Tihnik Daerah (UPTD) Puskesmas Buntok, pada Jum’at (19/2/2021).

Nenek Turi sapaannya ini mendapatkan rawatan dari pihak kesehatan dikarenakan beliau sudah dimasukan oleh pihak Kelurahan Hilir Sper dalam program Puskesmas yang tergabung dalam Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas).

Kepala UPTD Puskrsmas Buntok dr. Zulfantri mengatakan, sebenarnya untuk Nenek Turi ini penyakitnya bisa dibilang sudah parah, karena beliau mengidap penyakit gula darah yang culup lama dengan hypertensi tinggi, bahkan sudah mengarah kematanya yang menyebabkan kebutaan.

“Terus tadi saya liat juga ada infeksi disekitar area kaki tetapi syukur masih belum ada lokus,” ucapnya

Lanjut Zulfantri, jadi menurut kami secara logikanya nenek ini harus dibawa dan dirawat ke Rumah Sakit (RS), namun kondisi si nenek ini kesadarannya masih bagus diajak ngobrol juga masih nyambung saja.

“Tadi juga kita sudah berikan penanganan awal, besok kita lakukan pemantauan, kalau memang respon dan mudah-mudahan meskipun tidak dibawa ke RS bisa teratasi,” katanya.

Zulfantri juga menambahkan, tadi juga kita sudah melakukan dan mengjarkan pihak keluarga nenek ini, bagaimana caranya mencek gula darah, cara mentensi serta cara perawatannya seperti apa dan cara pemberian obatnya seperti apa, kita sudah jelaskan semuanya.

“Mudah-mudahan seandainya kondisi nenek Turi ini bisa stabil dan pihak keluarga ini sudah ada alat penggukur gula darah, dia bisa melakulan rawatan secara rutin tanpa bantuan dari tim kesehatan,” ujar zulfantri.

Lanjutnya, itulah yang dimaksud dari Perkesmas berbasis kader dalam hal ini sikeluarga pasien, yang akan melalsanakan perawatan terhadap keluarganya yang mempunyai penyakit menahun yang perlu pemantauan dan perawatan setiap hari.

Ditempat yang sama dari pihak Kelurahan Hilir Sper, Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra), Helfansyah menututurkan, kami sangat berterima kasih kepada Puskesmas Buntok yang sudah menindaklanjuti laporan kami, dan kami masih menunggu tindak lanjut dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barito Selatan (Barsel), tindak lanjut seperti apa yang akan diberikan oleh pihak DSPMD kepada nenek Turi ini.

Ali/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *