Disnaketrans Lakukan Rekapitulasi dan Verifikasi Data Ketenagakerjaan Perusahaan Yang Ada di Barsel

Buntok, infobanua.co.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), hari ini melakukan rekapitulasi dan verifikasi data ketenagakerjaan terhadap perusahaan yang ada di Kabupaten Barsel, Selasa (23/2/2021).

 

Kepala Disnaketrans Barsel, Agus In’Yulius melalui Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industri dan Jamsostek Alamsyah mengatakan, kenapa hal ini kami perlukan, karena data dari Disnaketrans banyak sekali perbedaan dengan data yang sesungguhnya dengan pihak perusahaan. Terhitung dari hari Senin kemaren kami sudah melakukan verifikasi data ke enam perusahaan yang ada Wilayah Barsel.

 

“Adpun perusahaan yang sudah datang ke sini, PT. Bumi Astri Persaman, PT. Indoraya Megah Tehnik , PT. Palopo Indah Raya, PT. Mandiri Hirendro Ajiperkasa, dan PT. Mandiri Graha Minral serta PT. Multi Tambang jaya Utama,” ucapnya

 

Lanjutnya, jadi untuk sementara data sudah kita dapatkan baru sekitar 5%, dan perhitungan ini dari 141 perusahaan yang terdata di Barsel, dan kemungkinan data ini akan berkembang lagi karena kita mendata sampai ke subkon perusahaannya.

 

“Tujuan yang inti dari verifikasi ini kami lakukan, untuk kewenangan pelaporan terkair ketenagakerjaan yang ditangani oleh Disnaketrans Barsel, karena kami tidak mau adanya tumpang tindih pelporan masalah ketenagakerjaan,” ungkap Alamsyah.

 

Pria yang tegas kepada pihak perusahaan ini juga menerangkan, untuk perusahaan yang wilayah kerjanya masuk Barsel, agar bisa melaporkan sekecil apapun terkait masalah ketenagakerjaan kepihak Disnaketrans Barsel, agar pihaknya bisa langsung measukannya kedata Dusnaketrans.

 

“Contoh, kalau ada penambahan pihak perusahaan harus segera melapor kepihak kami, dan kalau ada penguragan, sebelum mereka memberhentikan karyawannya terlebih dulu kordinasi dengan kepihak Disnaketrans, jadi stidaknya kita sudah tau ada pemutusan kontrak kerja,”  terang Alamsyah.

ali/IB