Optimis Dinas PMD Kalsel Tingkatkan Upaya Kawasan Perdesan Bisa Meningkat

  • Whatsapp

BANJARBARU, infobanua.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalimantan Selatan mengupayakan kawasan perdesaan bisa meningkat setiap tahunnya.

Kawasan perdesaan itu merujuk kepada suatu pembangunan yang bersifat lintas desa seperti pertanian, perkebunan dan lainnya.

“Ada lima status untuk kemajuan dan kemandirian desa diantaranya sangat tertinggal, maju, berkembang dan mandiri,” kata Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli, Banjarbaru, Selasa (223/2).

Zulkifli pun menyampaikan dirinci sekitar 700 indikator dalam melakukan penilaian dari segi lingkungan, ekonomi dan sosial untuk menjadikan status desa bisa meningkat.

“Dilihat sekarang ini, dari penilaian sangat menurun status desanya dikarenakan beberapa kabupaten di desa seperti Polindes, Posyandu, BUMDes sangat terdampak banjir,” ujar Zulkifli.

Dikatakan Zulkifli, apabila dua desa atau lebih bisa bekerjasama maka dapat mengembangkan kawasan perdesaan termasuk BUMDes.

“Terbukti, suatu kawasan perdesaan meningkat di Desa Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala seperti sektor pertanian dan perkebunan,” kata Zulkifli.

Untuk meningkatkan status kawasan perdesaan, Pemprov Kalsel bersama Korem 101/Antasari akan memberikan dana hibah yang merupakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Sehingga potensi yang dimiliki masyarakat di desa seperti budaya dan adat bisa mereka kembangkan,” Pungkasnya.

Febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *