Pemko Banjarbaru Miliki Lahan TPU Bisa Tampung 7 Ribu Makam

  • Whatsapp

BANJARBARU – Pemerintah kota Banjarbaru proaktif dan bertindak cepat dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu penyediaan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jalan Ujung Murung Kecamatan Cempaka Banjarbaru.

Lahan ini diperuntukan bagi pemakaman baru untuk jenazah pasien Covid-19 dan juga umum. Lahan pemakaman yang disediakan seluas 3,5 hektare hingga bisa menampung lebih dari 7.000 cetak makam.

“Sudah sejak beberap bulan lalu di buka untuk pemakaman umum dan Covid 19,” kata Kepala Bidang Pertamanan, PJU dan Pemakaman Disperkim Banjarbaru, Sartono.

Saat ini kata Sartono sudah ada 40 pemakaman di TPU Cempaka ini.

Pembukaan lahan baru di TPU Cempaka disebabkan lahan pemakaman di TPU Guntung Lua mulai padat. Selain itu, pemakaman ini milik yayasan.

“Sehingga pemakaman di TPU Cempaka tidak ada pembayaran lahan. Namun ada dikenakan biaya penguburan saja,” tambah dia.

Mengenai syarat dan ketentuan lain Sartono mengaku hingga saat ini peraturan daerah (Perda) masih dalam tahap proses.

“Perda untuk mengatur retribusi  melayani warga Banjarbaru dengan TPU Cempaka menyediakan makam aja sementara yang lain ditanggung sendiri,” sebut Sartono.

Sartono menambahkan dibanding lainnya, TPU Cempaka berada di pinggir jalan besar, akses strategis dan parkir luas.

“Aturan memang belum ada namun sementara TPU ini hanya melayani warga Banjarbaru saja plus juga orang tidak mampu atau Mr X misalnya,” tambah dia.

Selain TPU Cempaka, kata Sartono, Banjarbaru juga memiliki lahan pemakaman di dua tempat lainnya seluas 10 hektare yakni Landasan Ulin Banjarbaru Utara  dan Guntung Manggis. “Lahannya sudah namun belum siap di manfaatkan,” pungkas dia. rel/hms

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *