Categories: HULU SUNGAI UTARA

Puspaga Agung Berseri Tempat Konseling Bagi Keluarga

Amuntai, infobanua.co.id –  Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sejak tahun 2016 sampai sekarang sudah memiliki pusat pembelajaran keluarga (Puspaga). Puspaga yang diberi nama Puspaga Agung Berseri ini berlokasi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) HSU yang berlokasikan di jalan Negara Dipa No. 25 Kelurahan Sungai Malang Kecamatan Amuntai Tengah.

 

Kepala DPPPA HSU, Gusti Iskandariah pada saat ditemui kru Kominfo, Senin (22/2/2021) mengatakan, Puspaga Agung Berseri ini sebagai tempat konseling bagi keluarga yang ingin mengkonsultasikan masalah seperti pasangan yang mau menikah, pola asuh anak, masalah rumah tangga dan masalah keluarga lainnya.

 

Oleh karena itu, Puspaga ini disebut sebagai bentuk layanan pembelajaran dan pencegahan di bawah koordinator DPPPA sebagai wujud kepedulian negara dalam meningkatkan kehidupan keluarga dan ketahanan keluarga melalui program pendidikan, pengasuhan, keterampilan menjadi orangtua, keterampilan melindungi anak, kemampuan meningkatkan partisipasi anak dalam keluarga maupun penyelenggaraan program konseling bagi anak dan keluarga.

 

Sebagai pembimbing, konselingnya akan melibatkan para tenaga konselor, seperti psikolog.

 

Puspaga Agung Berseri yang ada di DPPPA HSU memiliki dua layanan yaitu layanan aktif dan pasif, “untuk layanan aktif, kita turun kelapangan sekaligus memberikan sosialisasi serta menjangkau ke daerah atau tempat yang terpencil, dimana dari sosialisasi yang kami lakukan dilapangan kami mendapati beberapa kasus yang sangat membutuhkan layanan dari Puspaga, sementara itu untuk layanan pasif mencakup penyelenggaraan konsultasi yang dapat diakses gratis bagi masyarakat dengan cara datang atau tatap muka langsung di kantor puspaga yang ada di DPPPA HSU ,” ujarnya.

 

Ia juga berharap dengan adanya layanan dari Puspaga Agung Berseri yang ada di DPPPA HSU ini mampu dimanfaatkan masyarakat yang konseling, baik konseling perkawinan pranikah, konseling anak, konseling keluarga dan konseling rumah tangga, karena Puspaga ini penting untuk masyarakat dalam memberikan informasi dan memberikan layanan konseling terhadap masyarakat.

Fai/IB

admin

Recent Posts

Walikota Dumai Dukung Pengembangan Workshop Dayatama Polanusa

DUMAI, infobanua.co.id – Walikota Dumai H. Paisal SKM MARS siap mendukung perkembangan workhsop Dayatama Polanusa…

3 jam ago

Pemko Dumai Launching Aplikasi Srikandi Sebagai Penunjang Aktifitas Disetiap OPD

DUMAI, infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Dumai meluncurkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegritas (Srikandi) yang…

3 jam ago

Mudahkan Masyarakat, Pasca Lebaran Disdukcapil Kembali Gelar Jemput Bola

PENAJAM, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kembali membuka pelayanan Administrasi Pendudukan (Adminduk)…

4 jam ago

Operasi Ketupat Intan-2024 Polres Kotabaru Resmi Berakhir Hari Ini

KOTABARU, infobanua.co.id - Operasi Ketupat Intan yang dilaksanakan secara Nasional selama 13 hari ini bertujuan…

4 jam ago

Lebaran Keempat, Bakal Calon Bupati Mudyat Noor Gelar Halal Bilhalal di Desa Suka Raja

PENAJAM, infobanua.co.id - Bakal Calon Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Mudyat Noor menggelar acara…

1 hari ago

Pedagang Bakso di Pantai Tanjung Jumlai Keluhkan Penuruan Omzet Capai 50 Persen

PENAJAM, infobanua.co.id - Usai Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, seperti biasanya para pelaku Usaha…

2 hari ago