Categories: BANJARMASIN

Sultan Khairul Saleh Restui Pembentukan Laskar Antasari.

Banjarmasin, infobanua.co.id – Bertempat di kediaman Sultan Banjar, pada hari Senin (22/02/2021) Sultan Khairul Saleh menerima Tim Pembentukan Laskar Antasari.Tim yang dipimpin oleh Datu Taufik Arbain menyampaikan kesimpulan atas pembahasan AD/ART sebagai dasar pembentukan Laskar Antasari.

Datu Taufik Arbain didampingi beberapa anggota tim di antaranya tokoh IGI Kalsel Pangeran Surian dan pakar hukum Fikri Hadin. Dalam pembahasan AD/ART ini disampaikan beberapa pokok, yaitu Laskar Antasari didirikan untuk membangun ikatan antara masyarakat Banjar dengan Kesultanan Banjar. Kemudian sebagai bagian dari meningkatkan peran masyarakat Banjar dalam mengisi kemerdekaan melalui pelestarian budaya serta memupuk semangat bela negara. Sedangkan dari segi tujuan di antaranya untuk menjunjung muruah Kesultanan Banjar dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Laskar Antasari ini nantinya akan dibentuk berjenjang dari pimpinan pusat sampai ke pimpinan wilayah. Termasuk pimpinan wilayah untuk masyarakat Banjar yang ada di luar Kalimantan Selatan.

Tim Pembentukan Laskar Antasari mengungkapkan pentingnya restu Sultan Banjar atas pendirian laskar ini. Selain sebagai
pembinaan di bawah Kesultanan Banjar, pembentukan laskar ini juga menjawab permintaan masyarakat Banjar tentang sebuah wadah tempat bernaung bagi warga Banjar di luar daerah.

Menanggapi permintaan tim tersebut, Sultan Khairul Saleh memberikan persetujuan dan mengharapkan pembentukan laskar ini bisa menjadi simbol perekat dan menunjukkan eksistensi masyarakat Banjar yang ada di dalam dan luar daerah. Kemudian pemilihan nama laskar adalah bentuk penekanan kesatuan dan kebanggaan, bukan dimaksudkan menyerupai pasukan bersenjata.

Sultan Khairul Saleh memfilosofikan posisi seorang Sultan bagi rakyat hanyalah selangkah di depan dan seranting lebih tinggi. Ini mengandung makna kedekatan, maksud selangkah di depan berarti memberikan perlindungan dan pimpinan, sedangkan seranting lebih tinggi berarti mengayomi dan merangkul semua posisi yang ada di bawahnya.

Selanjutnya Tim Pembentukan akan bekerja lebih cepat agar bisa menyelesaikan pembahasan AD/ART dalam waktu kurang dari satu bulan sejak pertemuan ini. Peresmian Laskar Antasari diharapkan bisa terlaksana sebelum awal bulan Ramadan 1442 H.

Dalam pertemuan ini juga disampaikan mengenai pemberian gelar bangsawan dan anugerah bagi tokoh-tokoh yang telah berjasa bagi masyarakat Banjar. Pemberian gelar dan anugerah ini rencananya dilaksanakan bersamaan peluncuran Laskar Antasari. Untuk penyelenggaraan acara akan dilaksanakan dalam lingkup terbatas mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.(*)

indra

admin

Recent Posts

Siap Berlaga di Kabupaten Tapin, Khafilah Kontingen Kabupaten Kotabaru di Lepas

KOTABARU, infobanua.co.id - Dalam mewakili Bupati Kotabaru Staf Ahli Bidang Pemerintahan H. Zainal Arifin,S.STP,M.Si melepas…

3 jam ago

DKUMPP Banjar Gelar Kajian Awal RPIK 2025-2045

Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro,Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) menggelar…

4 jam ago

Pemkab Banjar Bentuk Tim Pelaksana Pemberangkatan dan Pemulangan CJH

Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Sekretariat Daerah (Setda) Bagian Kesra menggelar Rapat Pemantapan…

4 jam ago

PPPK Formasi 2023 Sudah Terima SK Bupati Tanbu

BATULICIN, infobanua.co.id - Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), dr. HM Zairullah Azhar, resmi melantik dan menyerahkan…

6 jam ago

Belasan Kecamatan Ramaikan Lomba Masak Panginan Sukup Simpan

Sampit, infobanua.co.id - Belasan peserta yang berasal dari PKK Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur meramaikan…

8 jam ago

Penanganan Narkoba Jadi Masalah Serius Pemkab Kotim

Kotawaringin, infobanua.co.id - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengatakan jika masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap…

8 jam ago