Categories: BANJARMASIN

Kanwil Kumham Kalsel Inginkan Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Sesuai arahan Menteri Hukum dan Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meminta kepada seluruh Satuan Kerja, Kementerian dan HAM melakukan pembangunan Zona Integritas untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Kasubag Hubungan Masyarakat dan Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalsel, Eko Sulistiyono mengatakan pembangunan ZI telah dilakukan pencanangan di tingkat pusat yang diikuti oleh Menkumham RI, Yasonna H Laoly dan masing-masing eselon I yang kemudian diikuti oleh satuan kerja di daerah dengan melaksanakan kegiatan serupa.

“Pembangunan ZI di Kementerian Hukum dan HAM untuk mewujudkan WBK dan WBBM itu diawali dengan kegiatan pencanangan, seperti penandatanganan piagam pencanangan ZI yang disaksikan oleh para stakeholder terkait,” ucap Eko, Jumat (26/2).

Dikatakan Eko, di tahun 2021 di bulan Januari dan Februari, seluruh Satker Kemenkumham di Kalsel melakukan pencanangan ZI baik secara bersama-sama dalam satu wilayah ataupun dilaksanakan masing-masing Satker Unit Pelaksana Teknis.

“Satker yang sudah mencanangkan ZI menuju WBK dan WBBM itu sudah melakukan pelayanan publik yang lebih baik dari sebelumnya,” kata Eko.

Selain itu, dalam meraih predikat menuju WBK dan WBBM, ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi sesuai dengan pedoman yang sudah ditetapkan dan selanjutnya jika memenuhi kriteria akan masuk dalam penilaian oleh Tim Penilai Internal dan Eksternal.

“Sehingga predikat WBK dan WBBM bisa didapatkan dengan melengkapi data dukungnya dan harus lulus dalam penilaian yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Internal (Inspektorat Jenderal) dan Eksternal (Kemenpan-RB),” tutur Eko.

Diharapkan dengan pencanangan ZI menuju WBK dan WBBM, pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik lagi, di antaranya pelayanan kepada penyandang disabilitas. Melalui WBK/WBBM tentunya kemudahan layanan yang menjadi tugas dan fungsi masing-masing instansi bisa dirasakan manfaatnya masyarakat.

“Kami menginginkan manfaatnya itu bisa dirasakan langsung oleh masyarakat yang memerlukan layanan diseluruh instansi pemerintah khususnya di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel,” Pungkasnya.

febri

admin

Recent Posts

Trafik Internet Naik 12.87 Persen, Telkomsel Sukses Kawal Aktivitas Digital Pelanggan Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H

Trafik akses internet Telkomsel selama momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H (RAFI 2024) meningkat 12.87…

6 jam ago

Diduga Pungli dan Diduga Pengangkatan Kepsek Belum Bersyarat

SAMARINDA, infobanua.co.id - Munculnya dugaan iuran SD Negeri 006 Harapan Baru Loa Janan Ilir Kota…

10 jam ago

Tausyiah Guru Udin Awali Rangkaian Perayaan Mappanreritasie

BATULICIN, infobanua.co.id – Tabligh akbar bersama KH Zhofaruddin atau Tuan Guru Udin Samarinda mengawali rangkaian Perayaan…

10 jam ago

Pemkab Tanbu Terima Penghargaan Dari BKKBN

BATULICIN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) meraih penghargaan dari Badan Kependudukan dan…

10 jam ago

Sambut HBP Ke-60, Rutan Dumai Gelar Pemeriksaan Kesehatan bagi Pegawai dan Warga Binaan

Dumai, infobanua.co.id – Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Rutan Kelas IIB Dumai, Kanwil Kemenkumham…

10 jam ago

Pemkab Kotim Buka Beasiswa Gerbang Mentaya

Sampit, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) membuka beasiswa gerbang mentaya untuk tahun…

10 jam ago