infobanua.co.id
Beranda Blitar Walikota Blitar, Dorong Pengusaha Mikro Untuk Memanfaatkan Platform Pemasaran Produk

Walikota Blitar, Dorong Pengusaha Mikro Untuk Memanfaatkan Platform Pemasaran Produk

Blitar, Infobanua.co.id – Hari kerja pertama setelah dilantik Gubernur Jawa Timur, pada hari Jum’at 26 Pebruari 2021 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Wali Kota Blitar, Santoso, selesai memimpin apel bersama di Mapolres Blitar Kota, dilanjutkan membuka acara Pelatihan Pemasaran Online Fasilitas Usaha Mikro Menjadi Usaha Kecil Dalam Pengembangan Produksi dan Pengolahan Pemasaran, SDM, Serta Desain dan Teknologi di Aula PKPRI, Senin 01-03-2021 siang ini.

Walikota Blitar Santoso, mengatakan bahwa, dirinya mendorong para Wirausaha atau pelaku usaha mikro untuk memanfaatkan platform pemasaran produk usaha agar banyak membantu nilai ekonomi bisnis.

“Kami harapkan sekitar 70 orang peserta pelatihan yang notabene pelaku usaha mikro dan calon wirausaha baru, kami tekankan pentingnya melek Teknokogi Informasi atau IT yang telah berkembang pesat di segala lini termasuk untuk kepentingan bisnis, yang bisa dimanfaatkan para pelaku usaha mikro,” kata Walikota Blitar Santoso.

Menurut Santoso, bahwa ini suatu terobosan yang dilakukan oleh Plt Kepala Dinas Koperasi dan UM Kota Blitar, dalam rangka memberikan pembekalan kepada para UMKM.

“Kami harus jemput bola agar ada inovasi dan kreativitas dalam memasarkan produk-produknya. Kami mendorong pelaku usaha ini agar bisa memanfaatkan sarana pemasaran seperti lewat Tokopedia dan Shoope. Sehingga mudah berbisnis lewat IT,” jlentrehnya.

Lebih dalam Santoso menerangkan bahwa, ditengah pandemi covid-19, langkah pemanfaatan IT dalam hal menjalankan sebuah usaha menjadi pilihan yang sangat tepat, terlebih selain diyakini mampu meminimalisir penyebaran covid-19, juga mempercepat akses pangsa pasar di era digitalisasi bisnis yang semakin keras persaingannya.

“Sehingga nanti bisa memasarkan produknya kepada seluruh konsumen dengan hanya menerima order saja,” tegas Santoso.

Selanjutnya Santoso berharap, agar hal ini bisa dimaksimalkan melalui pelatihan ini yang dibuktikan saat praktek nanti di lapangan.

Sementara Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop-UM) Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, Sad Sasmintarti, mengatakan bahwa, pelaku usaha mikro diharapkan bisa beradaptasi di saat pandemi, supaya dapat melahirkan market baru yang muaranya pada luasnya pangsa pasar bisnis yang digeluti oleh para pelaku usaha.

“Semoga program ini memudahkan pelaku usaha mikro untuk memasarkan produknya,” kata Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop UM) Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, Sad Sasmintarti.

Selanjutnya Sad Sasmintarti, menerangkan bahwa, sebelumnya pihaknya sudah pernah mengadakan pelatihan pemasaran.

“Sekarang kami adakan lagi dengan pesertanya yang telah kami seleksi terlebih dahulu yang diikuti dari 21 Kelurahan di kota Blitar,” pungkasnya. (Eko.B) 

Bagikan:

Iklan