Optimalkan Pengawasan Sanitasi Desa. PUPR Latih TPL

BATULICIN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Tenaga Fasilitator Lapangan.

Kegiatan di buka Plt. Asisten Bidang Ekonomi Dan Pembangunan H. Rahmat di Mahligai Bersujud 2 Selasa (02/03/2021) Kelurahan Gunung Tinggi.

Dalam sambutannya mengatakan. Upaya peningkatan cakupan layanan sektor air limbah domestik Kabupaten Tanah Bumbu, melalui pembangunan fasilitas sanitasi, perlu didukung oleh Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL).

Dimana, TFL merupakan ujung tombak, Pemerintah Daerah di lapangan, yang bertugas mendampingi, membantu dan bekerjasama dengan dengan Aparatur Desa, untuk melakukan sosialisasi dan pengawasan dalam kegiatan pembangunan fasilitas sanitasi di desa.

“Oleh karena itu pelaksanaan Pelatihan Tenaga Fasilitator Lapangan kali ini, memiliki tujuan strategis, untuk meningkatkan pemahaman mengenai kebijakan dan petunjuk teknis penyelenggaraan pembangunan tangki septik individual bagi masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.”ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan fasilitas sanitasi desa melalui pendampingan yang optimal dari TFL, bakal menentukkan terwujudnya sanitasi yang layak dan sehat di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sebab jika masyarakat desa memiliki fasilitas sanitasi yang layak guna, maka masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya pertumbuhan penyakit stunting, dan tentunya masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu semakin SEHAT.

“Untuk itu, saya berpesan kepada Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) , ikuti kegiatan Pelatihan ini, dengan serius dan sungguh-sungguh.”pintanya.

Meski demikian tambahnya, dengan bekal ilmu yang diperoleh, saudara mampu melakukan pendampingan lebih baik lagi, Terutama dalam mengoptimalkan pendampingan dalam pemeliharaan sarana sanitasi yang terbangun.( Roni )