Antisipasi Bencana, TNI-Polri Latihan SAR Bersama

  • Whatsapp

TEGAL, infobanua.co.id – Antisipasi terjadinya bencana alam tanah longsor dan banjir di wilayah Tegal Jawa Tengah, Jajaran Satuan Sabhara Polres Tegal bersama prajurit TNI Kodim 0712/Tegal menggelar latihan bersama penanganan bencana alam banjir, bertempat di Obyek Wisata (OW) Pantai Purwahamba Indah (PUR’IN) Kabupaten Tegal,  Rabu (3/3/2021) pagi.

Kapolres Tegal AKBP M. Iqbal Simatupang dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan tersebut merupakan upaya untuk mempersiapkan personel dalam menghadapi ancaman bencana alam, khususnya bencana banjir di wilayah Kabupaten Tegal.

Sebagai aparat dituntut harus selalu siap dan sigap jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu penanganan bencana alam banjir baik di wilayah Kabupaten Tegal maupun di wilayah lainnya, “ujar M Iqbal.

Selain melatih kemampuan fisik, personel juga harus memiliki skill yang mumpuni. Di samping itu, latihan bersama ini juga dimaksudkan untuk memupuk sinergitas antara Polri dengan TNI juga dengan instansi lainnya”,lanjut Kapolres.

M Iqbal menambahkan, bahwa sinergitas sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, baik pada saat penanganan bencana ataupun dalam hal lainnya, “imbuh Kapolres.

Dandim 0712/Tegal Letkol Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P melalui Kasdim 0712/Tegal Mayor Cba Eko Budi S menyampaikan, “Latihan kali ini merupakan lanjutan sebagai upaya peningkatan kemampuan anggota dan memperkuat sinergitas TNI-Polri.

“Sebelumnya sudah di gelar latihan bersama di Makodim 0712/Tegal pada minggu lalu, Latihan kali ini adalah latihan lanjutan, “kata Kasdim.

Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Aziz, Mtr, Hanla, CHRMP menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas tergelarnya kegiatan latihan bersama tersebut. Hari ini, anggota Lanal Tegal kepada peserta latihan SAR memberikan pelatihan teknik mendayung. Suatu saat nanti, Lanal akan menjadi bertindak tuan rumah latihan bersama dan menggelar latihan di laut langsung, “ujar Ridwan.

“Sejatinya kita ini sama, walaupun baju kelihatan berbeda, tunjukan bahwa kita bersinergi dan kompak, “tutup Danlanal.

Sementara acara dilanjutkan dengan pengecekan kelengkapan SAR kemudian dengan pelaksanaan latihan SAR. Latihan gabungan kali ini dimulai dengan latihan proses evakuasi warga yang terjebak banjir dengan menggunakan perahu karet kemudian di rangkai dengan latihan evakuasi korban tenggelam akibat banjir menuju daratan, pemberian pertololongan terhadap korban, dan evakuasi korban menuju Rumah Sakit (RS) atau Pusat Kesehatan terdekat. (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *