Antisipasi Penyalahgunaan Senpi Personil, Kapolres Brebes Ingatkan Anggota Perhatikan SOP

  • Whatsapp

BREBES, infobanua.co.id – Puluhan personil Polres Brebes pemegang senjata dilakukan pemeriksaan oleh Sie Propam Polres Brebes di halaman Mako Polres Brebes.

Pemerikasaan senpi kepada personelnya di lapangan untuk mengantisipasi munculnya kasus penyalahgunaan senpi yang berdampak hukum.

Dipimpin langsung Kapolres didampingi oleh Wakapolres Kompol Suryo dan pejabat yang sesuai tugas pengendalian penggunaan senpi yang berdinas di Polres Brebes.

Satu per satu personel yang menggunakan senpi memperlihatkan kepada tim pemeriksa. Dijelaskan Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto pemeriksaan ini sifatnya pengawasan dan pengendalian kepada personil yang memegang senjata api.

“Hal ini untuk mengantisipasi (terjadinya) penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh anggota Polri, khususnya anggota Polres Brebes dan Polsek jajaran,” tutur Kapolres Brebes, AKBP Gatot Yulianto, Selasa (2/3/2021).

Selain kelengkapan administrasi pemegang senpi dinas, kata dia, pemeriksaan juga dilakukan terkait dengan kondisi kebersihan fisik senpi itu sendiri.

Kapolres juga tak lupa untuk mengingatkan seluruh personel dengan tegas bagi para pemegang senpi untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan senjatanya.

“Jangan sembrono atau gagah-gagahan, tapi untuk memberikan perilindungan, pengayoman masyarakat dari penjahat atau tindakan kriminal,” tegas Kapolres.

Kapolres Brebes juga menjelaskan pemeriksaan senjata api bertujuan untuk mengetahui kelengkapan administrasi bagi pemegang senpi, serta melihat kondisi kebersihan fisik dari senjata tersebut.

“Pemeriksaan senjata api dilakukan berkala. Pemeriksaan ini juga bersifat pengawasan dan pengendalian,” imbuh Gatot.

Diakhir Kapolres Brebes mengingatkan anggota selalu berhati-hati dalam penggunaan senjata api tersebut serta memperhatikan SOP (Standar Operasional Prosedur) penggunaan. “Agar anggota yang meminjam pakai senjata api, harus terus merawat dan menjaga kebersihan senjata, serta memperhatikan kelengkapan suratnya,” pungkasnya. (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *