BKD Kota Blitar Bentuk Panitia Seleksi Pembentukan Sekda

  • Whatsapp
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Suyoto.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitat, melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, mulai membentuk tim Panitia Seleksi (Pansel) untuk pengisian jabatan Sekretaris Daerah (Sekda).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Suyoto, mengatakan bahwa, pembentukan tim panitia seleksi dilakukan setelah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar terpilih di Pilwali Blitar 2020 resmi dilantik Gubernur Jawa Timur (Jatim).

“Tahapan pengisian jabatan Sekda diawali dengan pembentukan tim panitia seleksi,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Suyoto, kepada awak media, Jum’at 05-03-2021.

Menurut Suyoto, bahwa setelah tim panitia seleksi terbentuk, baru dilakukan usulan persetujuan seleksi jabatan Sekretaris Daerah ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Mendagri melalui Gubernur.

“Karena setelah dilantik, Wali Kota dan Wakil Walikota tidak bisa langsung melakukan mutasi dan pengisian jabatan. Harus melalui rekomendasi persetujuan dari KASN dan Mendagri,” jlentrehnya.

Lebih dalam Suyoto menerangkan bahwa, lambat atau cepatnya proses pengisian jabatan Sekretaris Daerah tergantung rekomendasi dari KASN dan Mendagri.

Proses pengisian jabatan Sekretaris Daerah bisa selesai dalam waktu satu sampai satu setengah bulan, setelah rekomendasi dari KASN dan Mendagri turun.

“Target memang tidak ada, tergantung rekomendasi dari KASN dan Mendagri. Jika rekomendasi sudah turun, paling lambat satu sampai satu setengah bulan Sekda baru sudah dilantik,” ungkap Suyoto.

Selanjutnya Suyoto menjelaskan bahwa, setelah pengisian jabatan Sekda, baru dilakukan rotasi dan seleksi terbuka pengisian jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kosong.

“Setelah jabatan kepala OPD terisi, baru dilakukan penataan jabatan di bawahnya, yakni eselon III dan eselon IV,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa, jabatan Sekda Kota Blitar kosong per 01 Januari 2021. Karena pejabat lama Sekda Kota Blitar, Rudy Wijonarko, masuk masa pensiun pada awal tahun 2021.

Sedang saat ini, jabatan Sekda Kota Blitar diisi oleh Pejabat sementara (PJs).
PJs Sekda Kota Blitar dijabat oleh Asisten I Pemkot Blitar, Hermansyah Permadi. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *