PT. AC Dua Kali Mangkir Dari Panggilan Disnaketrans Barsel

  • Whatsapp

Buntok  – Dua kali sudah pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans), Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), memanggil pihak management PT. Artha Contractors (AC) terkait penyelesaian sengketa dengan karyawan peresahaan, dan pihak PT. AC tidak juga kunjung menghadiri panggilan tersebut.

Kepala Disnakertrans Barsel Agus In’yulius, melalui Kabid Hubungan Industrial dan Jamsostek, Alamsyah mengatakan, pada panggilan pertama kepada perusahaan yang merupakan operatur stockpile batu bara milik PT. Asmin Koalindo Tuhup (AKT) pihaknya memanggil pada 18 Januari lalu.

“PT. AC beralasan pihaknya belum disetujui oleh management pusat (HO), perusahaan yang beroperasi di wilayah Desa Damparan, Kecamatan Dusun Hilir, Barsel tersebut tidak ternyata tidak juga menghadiri panggilan itu,” ucap Alamsyah kepada wartawan.

lanjutnya, begitu juga pada panggilan kedua, pada Hari Jumat (5/3/2021), dengan alasan yang sama, pihak PT. AC juga kembali tidak hadir alias mangkir dari panggilan Disnakertrans Barsel. Untuk itu, pihaknya berencana akan memanggil perusahaan itu kembali untuk yang ke Tiga kalinya dalam waktu dekat ini.

“Kita akan memanggil kembali pihak perusahaan, agar pihak perusahaan korperatif dan mau hadir untuk melakukan musyawarah penyelesaian sengketa ketenaga kerjaan mereka,” ujar Alamsyah

Alamsyah menambahkan, apabila untuk ketiga kalinya pihak perusahaan tidak kunjung menghadiri panggilan tersebut maka Disnaketrans akan merekomendasikan pemberian sanksi terhadap perusahaan bersangkutan.

“Kalau mereka tidak juga mau hadir dalam pemanggilan ketiga ini, maka akan kita rekomendasikan untuk diberikan sanksi. Tapi nanti kita pelajari dulu Undang Undangnya,” ungkapnya

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini PT. AC diduga belum juga memenuhi kewajiban mereka untuk membayarkan hak gaji dan BPJS Ketenaga Kerjaan beberapa karyawan mereka yang dirumahkan.

Fan/ang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *