Pasca Pembongkaran Aliran Sungai Warga Jalan Vetran Bangun Jembatan Sendiri Demi Kelancaraan Usaha

  • Whatsapp

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Pembongkaran dan pengerukan sungai kawasan A. Yani dan Veteran Banjarmasin, terus dilakukan oleh Satgas Normalisasi Sungai dan Penanggulangan Banjir (NSPB) Kota Banjarmasin.

Bahkan, sampai saat ini sudah ada puluhan Jembatan Bangunan Gedung (JBG) serta bangunan yang dianggap menutup arus sungai yang dibongkar oleh Satgas NSPB.

Salah satunya JBG Toko Nirmala di Jl. Veteran Banjarmasin. Toko penjual pernak pernik imlek tersebut, jembatan kayunya telah dibongkar sendiri atas inisiatif pemiliknya dan membangun sendiri jembatan demi menunjang aktivitas di tokonya.

Indarto, Pemilik Toko mengaku, sudah hampir dua pekan terakhir ini membangun jembatan yang berbahan kayu ulin tersebut.

“Sebenarnya habis Imlek itu memang sudah ingin dibongkar karena jembatannya reot. Tapi ragu kalau saat dibangun ulang takut salah dan beda dari anjuran pemerintah. Jadi kita tunggu desain dari Pemko dulu,” ucapnya Jumat (05/03).

Ia menjelaskan, pembangunan jembatan kayu ditokonya sesuai desain atau aturan yang diterima dirinya oleh pihak Pemko.
Yakni tidak boleh ada tiang di tengah jembatan dan dengan tinggi jembatan dari badan jalan minimal 1,25 meter dan maksimal 1,50 meter.

“Pas ada aturannya kita bangun. Intinya di tengah bawah jembatan itu harus lose atau kosong. Alias tidak boleh ada tiang di bawahnya,” tutur Indarto.

Indarto mengaku, bahwa seluruh biaya pembangunan jembatan ditanggung secara pribadi, dengan total kisarannya di atas Rp10 juta.

“Tidak ada bantuan murni biaya pribadi. Desainnya dari Pemko dan telah disetujui oleh mereka,” pungkasnya.

febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *