Bupati & Wakil Bupati Hadiri Pisah Sambut Kajari Kabupaten Barito Timur

  • Whatsapp

Barito Timur, infobanua.co.id – Pelaksanaan pisah sambut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah pejabat yang lama dengan pejabat yang baru dihadiri langsung oleh Bupati, Ampera AY Mebas SE, MM dan Wakil Bupati, Habib Said Abdul Saleh.

Selain Bupati dan Wakilnya pada kegiatan pisah sambut tersebut hadir pula, Kapolres, Pabung Kodim 1012 Buntok, Ketua Pengadilan Negeri Tamiang Layang, Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Bartim dan undangan lainnya di Kantor Kejari Bartim, Selasa (09/03/2021).

Dalam sambutannya Bupati Bartim Ampera AY Mebas SE, MM menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kejari yang lama Roy Rovalino Herudiansyah karena sudah mendukung Pemkab Bartim selama ini saat bertugas di Bartim.
Jasa-jasa beliau sangat banyak untuk Bartim. Kami mendoakan semoga langkah bapak Roy ditempat yang baru mendapatkan berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Kepada Kepala Kejari yang baru Daniel Panannangan SH, MH Bupati mengucapkan selamat datang di Bartim “Gumi Jari Janang Kalalawah” yang berarti Jaya Selamanya, ungkapnya pula.

“Semoga Kepala Kejari yang baru dapat melanjutkan serta membawa Bartim menjadi kabupaten percontohan bagi kabupaten lainnya,” harap Ampera.

Ampera juga berpesan kepada Kepala SOPD Bartim untuk dapat bekerja dengan baik, dengan selalu mentaati peraturan yang berlaku agar kedepan tidak terperosok kedalam ranah hukum.

Sebelumnya pada kegiatan tersebut diketahui bahwa kedatangan Daniel Pananangan bersama istri disambut prosesi adat Dayak Maanyan, Natas Banyang. Penyambutan tersebut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur dan perwakilan instansi vertikal.

Seledes Humbal yang memimpin prosesi natas banyang penyambutan kapolres menjelaskan, Barito Timur memiliki ragam kebudayaan yang sangat tinggi salah satunya tradisi penyambutan tamu kehormatan yang datang di Barito Timur.

“Dalam penyambutan kita melakukan prosesi natas banyang atau yang umum dikenal dengan potong pantan, yaitu kita membuat gerbang dengan pagar penghalang, sebagai tanda kita menyambut sekaligus menanyakan tujuan mereka datang ke Barito Timur,” papar Seledes usai prosesi penyambutan di kantor Kejaksaan Negeri atau Kejari Barito Timur.

Dia melanjutkan, setelah mendapatkan penjelasan dari tamu yang disambut dan tujuan mereka baik, maka wadian mempersilahkan memotong pagar penghalang atau banyang sebagai pertanda membuka pintu bagi tamu untuk datang ke Barito Timur.

Sementara itu, Daniel Pananangan saat menyampaikan sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih karena disambut dengan luar biasa melalui prosesi natas banyang.

Dia juga menyebut Kajari sebelumnya telah menorehkan prestasi yang baik sehingga Kejaksaan Negeri Barito Timur dapat meraih predikat Wilayah Bebas Worupsi atau WBK.

“Satu sisi saya senang tapi di sisi yang lain ini berat buat saya karena dituntut untuk lebih berhasil lagi disini,” ujar Daniel.

Namun dia yakin dengan dukungan jajaran Kejari Barito Timur dan institusi lain maka akan meraih keberhasilan dalam tugasnya sebagai kajari.

Diketahui, Daniel Pananangan menggantikan Roy Rovalino Herudiansyah yang pindah tugas ke Kejaksaan Negeri Pemalang Jawa Tengah. (NKLO-Bartim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *