Kelompok Nelayan ASMAD Menyepakati Hasil Dari Mediasi

Buntok, infobanua.co.id – Pihak Kelompok Nelayan ASMAD sudah menyepakati hasil dari Mediasi yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dengan pihak Perusahaan PT. Habco Primatama melalui perwakilannya CV. Seribu Barito Berkah. Yang pada beberapa hari yang lalu ada kapal tongkang pengangkut batu bara milik perusahaan kandas di Daerah Kelurahan Pendang, Kecamatan Dusun Utara, Kabupatan Barsel.

Mediasi yang berlangsung di Kantor Dishub Barsel ini, dipimpin lanngsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Daud Danda sebagai mediator, turut hadir Lurah Pendang, Kapolsek Dusun Utara, dan Perwakilan CV. Seribu Barito Berkah serta para kelompok nelayan ASMAD.

Hal ini dikatakan Kadis Perhubungan Daud Danda kepada wartawan setelah memimpin acara mediasi selesai, pada Rabu (10/3/2021).

Daud Danda mengatakan, di dalam mediasi tersebut para nelayan ini menginginkan ganti rugi kepada pihak perusahaan, akan tetapi kejadian tersebut dikarenakan oleh faktor alam, yang pada saat itu kondisi alam mengalami musim kemarau yang menyebabkan sungai Barito menjadi surut atau dangkal.

“Pihak perusahaan juga tidak mengiginkan hal tersebut terjadi, ini terjadi murni karena faktor alam yang tidak mendukung, dan pihaknya pun juga mengalami kerugian yang cukup besar dikarenakan kapal mereka tidak bisa berangkat,” ucap Daud kepada wartawan.

Lanjut Daud, kita sudah menyepakati hasil dari mediasi antara nelayan dan perusahaan, dari hasil yang kita sepakati adalah sebenarnya tidak ada permasalahan atas kandasnya kapal dengan para nelayan sesuai dengan fakta dilapangan, bahwa kondisi kapal yang kandas tidak menganggu aktivitas dari para nelayan dalam mencari ikan karena memang posisi kapal tersebut berada di atas pasir gusung, namun bentuk keperdulian perusahaan kepada masyarakat yang berada di lintas sungai Barito melalui Bansos (Bantuan Sosial) kepada kelompok nelayan ASMAD, yang akan disalurkan melalui Lurah dan Kapolsek nantinya.

“Semoga dengan adanya Kerjasama dan niat yang baik dari pihak Perusahaan tersebut masyarakat dapat terbantu,” ujar Daud.

Daud menambahkan, Dan pada dasarnya pihak perusahan sangat mendukung dengan hasil mediasi tadi, dan masyarakat juga menyambut dengan gembira.

Fan/IB