PMI dan MRI ACT Gontong Royong Bantu Warga

  • Whatsapp

Balangan, infobanua.co.id – Akibat meluapnya sungai Balangan menyebabkan merendam 4 desa di 2 kecamatan mendapatkan imbasnya. Banjir ini menyebabkan ratusan rumah serta beberapa sekolah dan tempat ibadah mendapat dampaknya.

Menindaklanjuti adanya bencana ini, beberapa organisasi relawan dan kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Balangan turut berjibaku bersama warga pada saat banjir.

Dalam kesempatan itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Balangan dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) / Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Balangan yang bergerak bergerak di bidang kemanusian laksanakan pembersihan tempat ibadah yang terdampak banjir tepatnya di Desa Mihu, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan

“Tadi kami hendak Ke Desa Lalayau dimana banjir di sana cukup parah, di tengah jalan, di kampung Mihu, air mulai meningkat, sehingga kami membantu masyarakat disana dan mandata disana terkena dampaknya, ketika itu air sudah setinggi lutut kaki,” kata Nurdin Koordinator lapangan PMI Balangan.

Dengan waktu kurang lebih satu jam dan dibantu alat berupa mesin penyedot air, relawan secara gotong royong bersihkan beberapa tempat ibadah yang sebelumnya terendam banjir. Ada 10 orang dari dua organisasi tersebut turut berpartisipasi dan dibantu warga sekitar untuk bersih-bersih.

 

Untuk nama dari Masjid serta Mushola yang menjadi tempat lokasi giat tidak tercopy sebab para anggota relawan lainnya sedang sibuk dalam melakukan aksinya.

“Dengan semangat kita membantu, apapun itu demi kebaikan pasti kami akan selalu hadir,” pungkasnya.

Sementara itu Rudi, relawan MRI/ACT Kabupaten Balangan mengatakan, ini adalah bentuk kepedulian kita kepada masyarakat sesuai dengan landasan kerelawanan.

“Kita membantu masyarakat yang membutuhkan, ini merupakan aksi yang luar biasa karena ini adalah tempat ibadah tentu menjadi fasilitas penting bagi masyarakat,” ujar anggota MRI/ACT Balangan tersebut

Dengan aksi ini tentunya sangat merasa terbantu, seperti yang diungkapkan Ahmad Yani masyarakat setempat.

“Alhamdulillah sebelum para warga terlebih dahulu sempat untuk membereskan semua isi dari Masjid tersebut. Alhamdulillah tadi sempat, setidaknya tidak sampai terlalu parah, cuma basah sedikit ,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *