PT. AC Belum Membentuk LKS Bipatrit

  • Whatsapp

Buntok, infobanua.co.id – Ternyata selama PT. Artha Contractors (AC) berdiri, perusahaan tersebut belum membentuk Lembaga Kerjasama (LKS Bipatrit), yang merupakan forum komunikasi dan konsultasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hubungan industrial di suatu perusahaan, yang anggotanya merupakan dari pengusaha dan serikat pekerja atau buruh yang sudah tercatat di intansi terkait.

Maka dari itu pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) menggundang pihak manajemen PT. AC untuk segera membentuk LKS Bipatrit ini, agar nantinya semua permasalahan yang terjadi di lingkup perusahaan bisa sama-sama diselesaikan dengan cara musyawarah.

Kepala Disnaketrans Barsel, Agus In’Yulius melaluli Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industri dan Jamsostek Alamsyah mengatakan pada wartawan, pada Rabu (10/3/2021).

Alamsyah mengungkapkan, kami sudah menyarankan kepada pihak PT. AC untuk segera membentuk LKS Bipatrit, karena setelah sampai ke Disnaketrans, kami melakukan pemeriksaan berkas yang bersangkutan, ternyata belum melaksanakan hal tersebut.

“Sementara untuk mencapai LKS Bipatrit itu, mereka harus melakukan pembentukan LKS Bipatrit terlebih dulu, karena fungsi dari LKS Bipatrit ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan internal yang terjadi di perusahaan itu sendiri,” ucapnya kepada wartawan.

Lanjutnya, LKS Bipatrit ini membahas permasalahan tentang ketenagakerjaan, pengupahan, permasalahan merumahkan karyawan, BPJS Ketenagakerjaan dan masih bayak lagi yang lainnya, dan semua permasalahan itu diselesaikan di perusahaan tersebut nantinya.

“Kalau mereka tidak bisa menyelesaikannya, baru disampaikan ke tahap Tripatrit dan kalau mereka bisa menyelesaikannya berarti permasalahan tersebut cukup sampai ditahap Bipatrit saja,” kata Alamsyah.

Alamsyah menambahkan, jadi Disnaketrans hadir ditengah-tengah persoalan yang terjadi di perusahaan PT. AC ini, kami ingin menuntaskan pembentukan LKS Bipatrit ini terlebih dahulu.

Ditempat yang sama Chief Porl Isp dari PT. AC, Mushaf Ladjawa saat dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut dan dia mengakui memang adanya seperti itu, “Dibuat LKS dulu baru Bipatrit, setelah Bipatrit masih ada jenjang-jenjangnya lagi,” ucap Mushaf sambil berlari saat dikonfirmasi.

Ali/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *