BNKK Balangan Bentuk Saka Pramuka

  • Whatsapp

Balangan, infobanua.co.id – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Balangan lakukan rekrutmen anggota pramuka bentuk Satuan Karya (Saka) BNN, Jum’at (12/02/2021) Sore.

Saka adalah adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, meningkatkan pengetahuan, kemampuan, Keterampilan dan Pengalaman para Pramuka dalam berbagai bidang kejuruan serta memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya dan pengabdiannya pada Masyarakat Bangsa dan Negara sesuai aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan pertahanan Nasional.

Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, yang masing-masing mengkhususkan pada sub bidang ilmu tertentu.

Setiap Krida memiliki Syarat Kecakapan Khusus untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus Kelompok Kesatuan Karyaan yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di Saka tersebut.

Saka BNN Kabupaten Balangan ini sendiri dibina dari anggota BNN, dan memiliki tiga Krida, pertama Krida pencegahan dan pemberdayaan masyarakat kedua Rehabilitasi dan ketiga Pemberantasan.

“Pembentukan ini sebenarnya adalah arahan dari BNN Provinsi untuk menjadikan anak mudah sebagai peran dan pilar memerangi Narkoba,” kata Arbain Kepala Seksi (Kasi) Rehabilitasi BNNK Balangan.

Untuk itu nantinya mereka akan diberikan pemahaman tentang Pencegahan , Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), supaya mereka bisa menyebar luaskan informasi ini dimasyarakat.

Menurutnya yang saat ini perlu dijaga agar tidak menggunakan narkoba adalah remaja, karena mereka adalah penerus generasi bangsa, untuk itu melalui pendekatan sesama remaja diharapkan lebih mudah dan membuat keterbukaan si anak yang menggunakan.

Sehingga dengan begitu kita dapat mengambil peran untuk penggunaan dan pemberantasan Narkoba di masyarakat khususnya kaum muda.

“Mereka diharapkan menjadi kader dalam penyampaian informasi bahaya Narkoba pada komunitas sekolah, lingkungan organisasi, keluarga dan masyarakat,” katanya.

Saka BNN ini sendiri adalah yang pertama di Kalimantan Selatan, Nantinya direncanakan pengukuhan atau pelantikan para anggota Saka BNN ini dilaksanakan pada Jum’at 25 Maret mendatang.

Sementara itu dikatakan oleh salah seorang anggota Saka BNN ini, yaitu Syahrin bahwa alasannya mengikuti kegiatan ini adalah untuk menambah pengalaman dan wawasannya.

” Salah satunya terkait P4GN, yang mungkin nantinya kita dapat ambil peran di dalamnya untuk mengurangi dampak narkoba di Kabupaten Balangan,” ucap lelaki yang kerap disapa Abang tersebut.

Ril

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *