PT. TOP Kelarivikasi Permasalahan Yang Terjadi di Internal Perusahaan

  • Whatsapp

Buntok, infobanua.co.id –  PT. Talen Orbit Prima (TOP) yang bergerak di bidang tambang batu bara ini, memenuhi undangan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans), Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), untuk mengkelarivikasi permasalahan yang terjadi di internal perusahaannya dengan pihak masyarakat stempat.

Hal ini disampaikan oleh External Partnerships PT. TOP, Dandin Suryadin mengatakan saat diwawancarai di Kantor Disnaketrans, pada Kamis (11/3/2021).

Dandin mengatakan, sebelumnya kami memang ada menerima informasi, yang pertama permasalahan ini terjadi murni hanya kesalah pahaman saja, antara pihak perusahaan dengan masyarakat setempat. Sebelumnya memang ada aduan dari masyarakat yang masuk ke pihak perusahaan, menuntut prihal adanya jual beli lahan yang ada janji didalamnya, yang berbunyi akan dijanjikan pekerjaan.

“Akan tetapi berdasarkan data faktual yang kami bawa ini, kami tidak ada sangkut pautnya dengan pihak yang melaporkan ini, karena memang kami jual beli lahan sebelumnya dengan H. Ali, beliau ini sebenarnya ada kesepakatan berdasarkan aduan yang ada kepada pemilik lahan,” ucapnya.

Lanjut Dindin, yang dituntut oleh pemilik lahan kepada perusahaan ini terkait ketenagakerjaan empat orang yang dijanjikan oleh H. Ali untuk dipekerjakan di perusahaan kami, namun aktual di kami, H. Ali itu bukan karyawan atau apa-apa di PT. TOP, dia hanya warga biasa.

“Yang sebenarnya beliau itu hanya masyarakat setempat, yang didalam surat perjanjian itu dia menyebutkan dan mengatas namakan perusahaan kami,” ungkap Dandin Suryadin

Masih dikatakan Dindin, kemungkinan permasalahan ini terjadi hanya miskomonikasi saja, karena kami bicara berdasarkan fakta dokumen, kalau kita berbicara asumsi itu nanti bisa kemana-mana.

“Kami mewakili PT. TOP mengapresiasi pihak Disnaketrans Barsel karena sudah bisa menjadi fasilitator bagi permasalahan kami, dan pihak Dinas juga dengan bijak menggambil langkah-langkah, karena mereka tidak mendengarkan satu pihak saja,” turut Dindin sambil tersenyum.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Hubungan Industri dan Jamsostek, Alamsyah mengatakan, sebelumnya saya berterima kasih dengan PT. TOP yang sudah mau bersedia datang memenuhi panggilan kami, dan ini merupakan niatan yang baik dan ini merupakan kerjasama yang baik bagi kami.

“Setelah ini kami akan menyampaikan laporan tersebut ke Bupati Barsel, fakta dan data memang benar demikian dan akan menjadi bahan selanjutnya bagaimana,” tutup Alamsyah.

Fan/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *