Sekda Banjar Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana

  • Whatsapp

Martapura, infobanua.co.id – Sekda Banjar HM Hilman didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana (BP) Tahun 2021 secara daring di Command Center Barokah Martapura, Rabu (10/03/2021) sore.

 

Rakor diawali dengan pemberian penghargaan kepada organisasi masyarakat, institut dan perguruan tinggi, serta media yang ikut berperan dalam penanggulangan bencana.

 

Rakor tersebut sekaligus merayakan Hari Lahir BNPB yang ke-13 dengan mengusung tema “Tangguh Hadapi Bencana”.

 

Dalam sambutannya Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan rakornas kali ini memang berbeda dibandingkan rakornas ditahun yang lalu, karena pandemi Covid-19 kita harus menaati peraturan pemerintah termasuk Satuan Tugas (Satgas) yang juga mengeluarkan peraturan untuk mematuhi protokol kesehatan.

 

“Sebagaimana yang kita saksikan sekarang undangan sangat terbatas dan yang hadir pun diwajibkan mengikuti ketentuan yang ada,” ungkapnya.

 

Dikesempatan tersebut Doni Monardo juga mengingatkan tentang pesan Presiden RI Jokowi yaitu Pentingnya Mitigasi dan Pencegahan.

 

“Presiden juga meminta kita untuk menyiapkan diri dengan membuat langkah antisipasi yang berencana dengan baik, dan yang tak kalah penting kebijakan nasional dan daerah harus sensitif terhadap kerawanan bencana,”ujarnya.

 

Doni menambahkan melalui Mitigasi dan Pencegahan serta Kebijakan tata ruang yang sensitif terhadap kebencanaan kita jadikan bangsa ini menjadi bangsa yang tangguh menghadapi bencana.

 

Turut hadir secara tatap muka Menko PMK RI Muhadjir Effendi, Mantan Kepala BNPB Periode 2008-2015 Prof.Syamsul Maarif dan hadir secara daring seluruh Kepala BPBD kabupaten/kota se-Indonesia.

Fad/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *