Jangan Sembarangan Simpan Data Pribadi Di Smartphone

  • Whatsapp

Pekalongan, infobanua.co.id – Kebocoran data pribadi bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Itu, yang membuat masyarakat harus berpikir berkali-kali saat ingin membuat foto atau video, walaupun tujuannya untuk konsumsi pribadi.

Seperti yang disampaikan Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K., melalui Kasubbag Humas AKP Akrom, bahwa menyimpan informasi atau konten-konten pribadi di smartphone bukanlah hal yang bijak. Sebab, meski dirasa sudah disimpan dengan aman, tapi ada kemungkinan bocor dan tersebar di dunia maya.

“Menyimpan informasi sensitif yang bersifat data pribadi di smartphone, merupakan sesuatu yang berisiko cukup tinggi. Pasalnya, data semacam itu berpotensi bocor dalam berbagai macam cara,” ucapnya, Sabtu (13/3/2021)

Data-data penting ini sangat beragam, mulai dari foto, video, catatan pribadi, pekerjaan, dan lain-lain. Bayangkan apa yang kira-kira akan terjadi jika mendadak smartphone tersebut berpindah tangan tanpa proteksi

Ketika smartphone hilang, maka kemungkinan akan kehilangan semua data penting. Itu sebabnya perlu menjaga keamanan smartphone, Pastikan akses pada smartphone hanya bisa dibuka oleh pemiliknya saja agar tidak sembarang orang bisa meretasnya.

“Menjaga keamanan smartphone salah satunya dengan menerapkan keamanan kode PIN atau Password sebagai screen lock, namun lebih aman lagi memang sebaiknya jangan menyimpan informasi atau file sensitif di smartphone,” ujar Kasubbag Humas. (Agus E)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *