BKSP DPD Minta Atase Perdagangan Indonesia di Luar Negeri Aktif Cari Pasar Untuk Ekspor Produk UMKM

  • Whatsapp

Jakarta, infobanua.co.id – ketua Badan Kerjasama Parlemen DPD RI Gusti Farid Hasan Aman mendorong Atase Perdagangan untuk aktif mencari peluang dan pasar baru bagi produk UMKM.

Produk-produk UMKM perlu ditingkatkan pangsa pasarnya di luar sangat besar. Ini untuk membantu keberlangsungan UMKM sebagai penopang ekonomi nasional di tengah pandemi sekarang,di kutif dari instagram gtfarid.official,Senin (15/3/2021).

“Hampir di semua negara kita mempunyai atase perdagangan kemudian ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) atau Pusat Promosi Perdagangan Indonesia. Mereka harus didorong untuk aktif mencari peluang dan pasar baru,tegas Senator Asal Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Menurutnya DJPEN bertanggung jawab dalam merumuskan kebijakan dan pedoman untuk mendorong dan mendukung ekspansi ekspor produk non migas. Mereka juga bertugas memberi layanan informasi tentang pasar luar negeri, mengatur kegiatan promosi ekspor, serta memperluas jangkauan produk dan pasar ekspor. Seluruh tahapan ekspor, mulai dari riset pasar, bimbingan, hingga perizinan dan pembiayaan merupakan tanggung jawab layanan ini.

Indonesia menurut Farid memiliki 18 belas ITPC, terdiri dari Barcelona, Los Angeles, Busan, Mexico City, Budapest, Milan, Chennai, Osaka, Chicago, Santiago, Dubai, Sao Paulo, Hamburg, Sydney, Jeddah, Vancouver, Johannesburg, dan Lagos.

Salah satu contoh kinerja dari ITPC adalah keikutsertaan pada pameran Gulfood 2021 di Dubai. Sekitar 15 perusahaan asal Indonesia bergabung dalam pameran internasional untuk ekspor makanan olahan ke Uni Emirat Arab. Lima produk makanan olahan yang layak ekspor ke UEA dengan nilai tertinggi pada pameran tersebut adalah kakao, ekstrak kopi, rempah, minyak sayur, dan kembang gula. Tentu pemerintah perlu mengaktifkan ITPC agar perannya dapat dirasakan oleh UMKM kecil,tukas Gusti Farid Hasan Aman. (*)

indra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *