Dinsos Kalsel Bangga Dedikasi dan Komitmen Taruna Siaga Bencana Kalsel

  • Whatsapp

Banjarmasin – Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Dra. Hj. Siti Nuriyani mengatakan, bangga dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang memiliki komitmen yang tinggi dan dedikasi yang luar biasa.

Selama ini katanya, Tagana Kalsel juga mematuhi protap yang ditentukan, yaitu satu jam setelah musibah terjadi, mereka berada di lokasi kejadian bencana apapun.

Menurutnya, selama dia bertugas di Dinas Sosial, hal itu sangat luar biasa dirasakannya dalam pengabdian tersebut.

“Untuk Tagana yang ada di Dinas Sosial Provinsi Kalsel, saya bangga, karena mereka komitmennya tinggi. Dedikasinya luar biasa. Satu jam setelah kejadian, mereka sesuai protap, harus sudah berada di lokasi kejadian bencana. Bencana apapun. Itu sudah berjalan selama dua tahun di sini, luar biasa pengabdian mereka. Saya harapkan Tagana untuk kabupaten dan kota lainnya juga harus sama. Lebih kompak. Lebih sigap dan siap siaga dalam keadaan apapun untuk membantu warga kita,” kata Nuriyani.

Dengan banyaknya bencana yang terjadi, termasuk di Kalsel, Siti Nuriyani mengharapkan, di Kabupaten dan Kota di Kalsel terjadi penambahan personel Tagana.

Namun untuk Provinsi Kalsel, sudah ada 36 personel Tagana. Dan untuk Banjarmasin sendiri, memiliki 500 orang rekawa yang tersebar di berbagai kecamatan.

“Kami harapkan begitu. Tergantung Kabupaten dan Kota masing-masing. Kalau kami sudah ada 36 di Provinsi Kalsel. Untuk kota Banjarmasin sendiri ada 500 sebenarnya. Relawan Banjarmasin. Di masing-masing kecamatan mereka ada relawan yang siap sedia setiap saat diperlukan. Kami harapkan semua Kabupaten dan Kota bersama-sama saling kompak, saling bersinergi dengan Dinas Sosial, dengan instansi terkait lainnya dan relawan lainnya, sama-sama menanggulangi apabila terjadi musibah,” Nuriyani menambahkan.

Bakti sosial seluruh anggota Tagana Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan Tagana dari Dinas Sosial Tabalong, HSS dan HST sudah mereka lakukan di Desa Haruyan Dayak. Mereka memperbaiki 3 buah jembatan, 1 buah rumah penyandang disabilitas dan pipanisasi air sepanjang 1 kilometer yang rusak akibat banjir bandang.(juns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *