Pelaksanaan UKK Otonomi Sekolah

  • Whatsapp

Samarinda, Infobanua.co.id – SMK Negeri 9 Samarinda mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) 2021. Ratusan siswa tersebut terbagi dalam 4 keahlian diantaranya Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman, Agribisnis Ternak Unggas, Agribisnis Perikanan, Bisnis Daring dan Pemasaran.

Surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur pelaksanaan UKK khusus SMK yakni 1 April 2021, hal itu tidak mesti kebijakan Kadis pelaksanaan UKK otonomi sekolah karena yang tahu persis keadaan sekolah ya pihak sekolah dan apabila sekolah nya siap melaksanakan UKK iya silah kan, tutur Husniah Achmad Kepala SMK Negeri 9 Samarinda diruang rapat selasa (9/3/2021).

“Kegiatan UKK SMK Negeri 9 sendiri dilaksanakan selama 10 hari mulai sejak 8 Maret 2021”. Di bagi dalam 1 hari hanya 10 orang untuk sesi 1 sebanyak 5 orang setelah itu kita lakukan penyemprotan desinfektan di seteril kan selama 2 jam lanjut sesi ke 2.

Pelaksanaannya untuk jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran serta Agribisnis Perikanan di lingkungan sekolah, sedangkan untuk Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman serta Agribisnis Ternak Unggas di workshop SMK Negeri 9 di Tanah Merah. Tentunya kita mendatangkan penguji dari eksternal dunia usaha dan industri, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan.

Menurutnya, bahwa UKK merupakan salah satu proses yang harus dilalui siswa SMK untuk mengetahui kemampuan yang telah dipelajari sesuai masing-masing jurusan.

Ketika mereka dinyatakan lulus, maka siswa layak dinyatakan berkompeten dan mendapatkan sertifikat UKK dari bidang masing-masing serta dapat digunakan saat mencari pekerjaan.

Kegiatan UKK kita lakukan meminimalisir di masa pandemi covid-19 ini dan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. “Tentu pihak sekolah menyediakan seperti alat cek suhu, sabun, cairan anti septik dan masker yang memenuhi standar covid-19,” ucap Husniah. (Rei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *