Satgas TMMD 110 Hadir Di Tengah Masyarakat, Serta Gunakan Alat Panen Tradisional Ranggaman Untuk Jalin Keakraban

  • Whatsapp

Kandangan, infobanua.co.id – TNI manunggal membangun desa (TMMD) ke 110 Tahun 2021 kodim 1003 kandangan saat ini di laksanakan di kampung pariangan desa batu bini Kecamatan padang Batung.

Di kampung pariangan sendiri saat ini memasuki masa panen raya padi gogo yang di tanam di sepanjang lereng gunung meratus.

Tetapi ada hal yang unik saat pelaksanaan panen raya di sini, yakni panen di laksanakan oleh ibu-ibu dengan menggunakan alat sederhana yang di namakan ranggaman.

Melihat hal tersebut, personil satgas TMMD Serda Mulyanto yang saat itu melintas menyempatkan waktu untuk singgah melihat, mencoba dan membantu panen raya dengan menggunakan alat ranggaman tersebut, Rabu(17/3).

Ibu Rohayati mengungkapkan,”Dengan menggunakan cara tradisional bisa meminimalisir rontoknya butiran padi”.

“Ternyata bapak TNI bisa juga mencoba menggunakan alat tradisional ini,”Ucapnya sambil kagum.

Sementara itu Serda mulyanto mengaku bahwa baru pertam kali mencoba menggunakan alat panen tradisional yang biasa di sebut renggaman oleh masyarakat sekitar ini.

“Ternyata susah juga cara menggunakannya, tapi Alhamdulillah tadi bisa aja mencobanya dengan di tuntun dan di belajari juga tadi,”Ungkapnya.

Selain itu ia juga menambahkan bahwa dengan hal-hal semacam ini merupakan bukti bahwa TNI ada di tengah-tengah masyarakat serta guna menciptakan kemanunggalan TNI Dengan Rakyat.

“Dengan hal-hal semacam ini, kami berusaha menjalin kedekatan dengan masyarakat, sehingga bisa mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat,”jelasnya.

Rel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *