Categories: Blitar

Walikota Blitar Membuka Musrenbang Disabilitas Untuk Menyusun RPJMD 2021-2026

Blitar, Infobanua.co.id – Wali Kota Blitar, Santoso membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Disabilitas untuk penyusunan RPJMD Kota Blitar tahun 2021-2026 di Balai Kusuma Wicitra, jalan Sudancho Soeprijadi, Kota Blitar, Kamis 18-03-2021.

Walikota Blitar Santoso, mengatakan bahwa, dengan kegiatan ini, Pemkot Blitar dapat menyerap usulan dan aspirasi warga masyarakat dan dari para penyandang Disabilitas dalam pembangunan Kota Blitar lima tahun ke depan.

“Musrenbang Disabilitas ini untuk penyempurnaan penyusunan RPJMD Kota Blitar tahun 2021-2026,” kata Wali Kota Blitar, Santoso.

Menurut Santoso, bahwa Musrenbang ini merupakan amanah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang perencanaan pembangunan harus melibatkan semua unsur masyarakat termasuk disabilitas.

“Secara khusus mereka dihadirkan untuk menyampaikan usulan dan aspirasi. Dengan harapan, dari usulan dan aspirasi mereka bisa terakomodir dalam RPJMD,” jlentrehnya.

Selanjutnya Santoso menerangkan bahwa, dengan dihadirkan langsung, para penyandang disabilitas bisa menyampaikan persoalan secara spesifik terkait kepentingan dan kebutuhan mereka.

“Sehingga aspirasi mereka benar-benar terwadahi dalam pembangunan Kota Blitar,” tegas Santoso.

Sementara Perwakilan disabilitas menyampaikan beberapa usulan kepada Pemkot Blitar dalam Musrenbang ini.

Usulan perwakilan disabilitas, diantaranya soal pelatihan kesenian, pelatihan olahraga, dan penyediaan rumah singgah untuk pemberdayaan.

Kepala Badan Perencanaan Pemberdayaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Blitar, M Sidik, mengatakan bahwa, menampung semua aspirasi dan usulan dari perwakilan disabilitas untuk menjadi pertimbangan dalam penyusunan RPJMD ini.

Karena keterampilan seni untuk para disabilitas juga penting. Sehingga harapannya ke depan, keterampilan kesenian para disabilitas bisa ditampilkan pada wakru ada acara.

“Semua usulan kami tampung untuk penyusunan RPJMD. Rumah singgah juga penting untuk pemberdayaan disabilitas,” papar Sidik.

Tampak hadir dalam kegiatan Musrenbang Disabilitas, beberapa perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Blitar.

Para perwakilan OPD juga langsung memberikan jawaban terkait usulan dari para disabilitas dalam kegiatan ini.

Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dimana para peserta wajib memakai masker dan dipetiksa suhu tubuh sebelum masuk ruangan.

Tempat duduk para peserta yang hadir juga ditata dengan berjarak. (Eko.B).

admin

Recent Posts

Bank Kalsel Serahkan 3 Printer Qris ke Samsat Banjarbaru

Banjarbaru, infobanua.co.id - Bank Kalsel menyerahkan 3 unit printer Qris pencetakan pembayaran pajak kepada UPPD…

2 jam ago

Bank Kalsel Salurkan Bantuan Masjid Muhammadiyah Sungai Mia Banjarmasin

Banjarmasin, infobanua.co.id – Kepedulian Bank Kalsel dalam membantu berbagai kegiatan sosial di Banua, baik itu…

3 jam ago

Pemkab Pessel Siapkan 221 Ton Beras Bagi Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar)…

4 jam ago

Bupati Pessel Berbuka Puasa Bersama Warga di Nagari Gurun Panjang

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar lakukan kegiatan buka…

4 jam ago

Prestasi Gemilang, Bank Kalsel Raih Penghargaanpada Ajang 5 th Top Digital Corporate Brand Award2024

Banjarmasin, 28 Maret 2024 - Bank Kalsel kembali menorehkan prestasi. Kali ini, BankKalsel menerima penghargaan…

4 jam ago

Bank Kalsel Serahkan 3 Gerobak Baru Untuk UMKM, Dalam Semarak HUT ke-60

BANJARMASIN, 28 Maret 2024 – Dalam perayaan HUT Bank Kalsel ke-60 dengan tema SEMARAK (Selalu…

5 jam ago