Bupati Ikuti Panen Raya Porang

Balangan, infobanua.co.id – Dengan menggunakan salah motor trail Bupati Balangan H Abdul Hadi, berangkat untuk ikuti acara Panen Raya Porang, Didesa Buntu Karau Kecamatan Juai, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Jum’at (19/03/2021).

Dalam kegiatan tersebut, ia bersama Kapolres Balangan, Kepala Dinas Pertanian dan tamu undangan lainnyaturut memanggali tanaman Porang yang masih ada didalam tanah. Kemudian setelah menggali mereka menimbang berat Porangnya yang rata-rata beratnya di atas dari 5kg.

Dalam sambuatannya Abdul Hadi sempat bercerita mengenai tanaman apa yang bisa bernilai ekonomis tinggi dan menjadi idola di masyarakat.

“Mayoritas pekerjaan petani, sedikit pegawai, dan sedikit profesi yang lain. Waktu itu di tahun 2016 sebagimana yang kita ketahui harga karet murah dan baru beberapa bulan beberapa bulan trkahir harga mulai naik, Kala itu saya sendiri masih duduk di kursi DPRD Balangan dan kami berdiskusi dengan kepala Dinas Pertanian, yang kala itu masih di pimpim oleh Ir Tuhalus (Kadis Pertanian), terkait tanaman apa yang bisa menggantikan karet karena saat itu harga karet sangat murah,” ujar Bupati Balangan.

Kala itu Kadis Pertanian Balangan, lanjut Abdul Hadu, mendatangkan karet unggul, di coba untuk di tanam yang di bagikan di beberapa desa di Balangan, kemudian ada komoditas jagung yang mulai di budidayakan di Balangan, dan hari ini kita Kabupaten Balangan telah menemukan salah satu tanaman yang bernilai ekonomis tinggi seperti Porang ini.

 

Kabupaten Balangan juga menjadi satu-satunya kabupaten yang meng ekspor porang ke Jepang, di Kalimantan Selatan (Kalsel), sehingga ini mejadi nilai tinggi kita untuk membudidayakannya.

Untuk mengembang Porang di Kabupaten Balangan, Abdul Hadi meminta kepada Dinas Pertanian Balangan, agar dapat memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai Porang ini kepada para petani porang.

“Mudah-mudahan tanaman porang ini nantinya merata di tanam di Kabupaten Balangan, apalagi kita nantinya tidak menjual dalam bentuk gelondongan lagi sudah dalam bentuk olahan, tentu nilainya lebih tinggi dan dapat meningkatkan perekonomian kita, dan juga petani porang kita bisa berkembang, semakin banyak yang bertani porang serta luasan lahan kita yang ada di kabupaten Balangan juga bertambah. Kedepannya komoditas tanaman porang menjadi salah satu program unggulan kita, sesuai dengan visi-misi kami (HAS) “meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis pertanian dan perkebunan”. Salah satu cara mencapai kesejahteraan masyarakat itu ada di pertanian dan perkebunan, melalu porang ini salah satu pintu masuk kita untuk mencapai kesejahteraan itu di Kabupaten Balangan,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Balangan Rahmadi Oe’un mengataka, ada sekitar 120 hektar lahan porang di Kabupaten Balangan dan total 410 Petani Porang yang terdata di Balangan.

“Kalau kita lihat dari luasan tersebut memang sangat kecil, dengan tanaman pangan dan tanaman perkebunan, tetapi kalau kita lihat dari sisi produksi dalam satu hektar itu bisa sampai 125 ton,” katanya.

Apalagi Kementerian Pertanian lanjut Rahmadi Ou’en, itu menginginkan, mewajibkan setiap kabupaten, mengekspor satu komoditas pertanian, dan Kabupaten Balangan sendiri menjadi satu-satunya kabupaten yang mengekspor Porang ini hingga ke Jepang,

“Kedepan Dinas pertanian akan terus mengembangkan dan mebina para kelompok-kelompok petani Porang, sesuai arahan Bupati,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan nantinya di diperkirakan di Minggu pertama bulan April, ekspor pertaman Porang Balangan ke Jepang,

 

Ketika Bupati Balangan Memanen porang dan menimbang porang

ril