Ini Beberapa Dukungan Yang Akan Diberikan Bupati Balangan, Kepada Petani Porang Balangan

  • Whatsapp

Balangan, infobanua.co.id – Bupati Balangan H Abdul Hadi, akan berikan beberapa dukungan para petani Porang Balangan. Hal tersebut di ungkapkan olehnya ketika Panen Raya Porang di Desa Buntu Karau, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan.

“Bantuan yang diberikan yang pertama dengan mempermudah pinjaman kredit di Bank Perkreditan Rakyat, karena kita pula pemenang saham mayoritas di sana, serta Bank Kalsel kita pemegang saham nomor empat di Kalsel. Jadi kita akan memberikan kemudahan untuk para petani Porang untuk mengembangkan usahanya di bidang pertanian Porang,” kata Bupati Balangan, Jum’at (19/03/2021).

Selain itu Abdul Hadi juga akan membantu melalu dana perubahan, yang mana nantinya pihaknya akan menyediakan bibit Porang, untuk para petani pemula Porang, agar para petani pemula tidak terkedala mengenai bibit.

Kemudian yang ketiga mungkin pihaknya akan mengarahkan Dinas Pertanian untuk memberikan wawasan atau pengetahuan kepada para petani porang, terkait pembudidaya porang ini.

“Ini merupakan salah satu peluang yang sangat bagus dan peluang ini tentunya akan kita dorong oleh pemerintah daerah untuk dikembangkan lagi, harapannya Porang memasyarakat dan menjadi komoditas unggulan kita di Kabupaten Balangan,” ujar Bupati Balangan.

Abdul Hadi juga menjelaskan, kalau sekarang ini lara petani Porang baru bisa memenuhi 2 persen dari kebutuhan Porang Nasional dan 0,6 persen dari kebutuhan dunia atau internasional.

“Oleh karena itu Porang memang menjadi salah satu yang sangat menjanjikan dan sangat dibutuhkan oleh market Nasional maupun internasional, tidak seperti karet kemarin begitu produksi tinggi harganya anjlok,” ungkapnya.

“Sehingga kita walaupun penduduk Kabupaten Balangan Balangan bertani Porang, tetap kebutuhan porang dunia masih jauh dari kata terpenuhi, sehingga kami yakin harga pasti bagus kedepan,” pungkasnya.

Semetara itu Kepala Dinas Pertanian, Rahmadi Oe’un, mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada pemerintah daerah khusus kepada Bupati Balangan. Atas mendorong atau dukungan kepada pengembangan porang di Kabupaten Balangan.

 

“Tanaman Porang ini adalah datanaman yang sangat menguntungkan kepada para petani, oleh suapaya lebih buapati agar bisa di kembangkan lagi, dan Porang ini merupakan suatu tanaman komoditas baru di Kabupaten Balangan tapi sangat menjanjikan,” ujarnya.

 

Jhoni Sulistianto Ketua ASPEPORIN Wilayah Kalsel mengatakan, apa yang disampaikan Bupati Balangan, itu semua menjadi harapan para petani Porang, di mana Komonitas Porang tidak berlakukan seperti anak tiri.

“Alhamdulillah sekarang sudah ada perhatian dari pemerintah daerah, sehingga ini kabar yang menggembirakan kepada para petani Porang,” ucap Jhoni.

Ia mengucapkan terkait ekspor pertaman Porang Balangan Kejepang nantinya sebanyak 100 ton chip kering, dan untuk harga 1 kg chip kering tersebut antara 50-55 ribu.

ril

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *