Categories: Blitar

Berharap Menjadi Wisata Keren, PDIP Kota Blitar Tanam Pohon di Sumber Air

Blitar, Infobanua.co.id – Dijadikan program untuk melestarikan alam yang digagas sejak Ulang Tahun partai PDI Perjuangan ke 48 pada 10 Januari 2021 lalu.

DPC PDI Perjuangan Kota Blitar, melanjutkan kegiatan tersebut dengan menanam pohon di sumber mata air Sendang Mbah Bawuk, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Minggu 21-03-2021.

Ketua DPC PDIP Kota Blitar, dr Syahrul Alim, mengatakan bahwa, ksegiatan ini diikuti oleh pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Blitar, seluruh anggota fraksi PDIP Kota Blitar, pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Sananwetan sampai kepengurus ranting.

“Pagi ini semuanya kompak membawa peralatan cangkul, sekop serta sabit untuk menanam dan merawat tanaman di sekitar sumber mata air Sendang Mbah Bawuk,” kata Ketua DPC PDIP Kota Blitar, dr Syahrul Alim.

Menurut dr.Syahrul, bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari Ulang Tahun PDIP pada 10 Januari 2021 lalu, pihaknya merawat pohon yang telah ditanam di sumber air Sendang Mbah Bawuk.

“Alhamdulillah pohon yang kami tanam tumbuh dengan subur, dulu hanya satu meter, sekarang tingginya sudah mencapai dua meter,” jlentrehnya.

Masih menurut dr.Syahrul, bahwa sejak pagi pihaknya gotong-royong membersihkan tanaman, dari gulma yang mengganggu agar bisa segera tumbuh besar dan lebat,” ungkapnya.

Kegiatan ini selain merawat pohon, juga kembali menambahkan pohon untuk ditanam. Dimana tanah kosong yang belum sempat ditanami di penghijauan sebelumnya, sekarang ditanami pohon, agar sumber mata air ini dikelilingi penuh oleh pepohonan.

“Bila dulu kami tanam 130 pohon, kini ditambahi 18 bibit lagi sehingga jumlahnya sebanyak 148 pohon,” ungkapnya.

Lebih dalam Syahrul menjelaskan bahwa, muaranya adalah sesuai dengan Ulang Tahun PDIP ke 48. Dengan keberadaan pohon tanaman keras yang dtanam sejenis Ketepeng dan Glodok, yang dapat menahan air tanah, sehingga terus mengalir hingga keanak cucu.

Selanjutnya Syahrul menjelaskan bahwa, sumber mata air di Sendang Mbah Bawuk, bila terawat mempunyai dampak yang menguntungkan bagi warga masyarakat sekitar.

Mengingat sumber mata airnya yang jernih, bila didukung dengan lingkungan yang sejuk dari pepohonan yang rimbun dapat menjadi tempat untuk Wisata Air yang asyik untuk bersantai dan memancing.

“Sumber mata air ini dapat menjadi kawasan wisata pemancingan yang asyik, karena di tengah alam yang teduh di bawah pepohonan rindang,” papar Syahrul.

Akhirnya Syahrul akan mengusulkan ide ini kepada Walikota Blitar, karena sesuai dengan visinya dalam mewujudkan Kota Blitar yang keren alamnya dan wisatanya.

Kegiatan tanam pohon ini tidak berhenti sampai disini, tapi akan terus berlanjut untuk menularkan kegiatan menanam pohon ini kepada warga masyarakat.

“Tidak sekali ini saja kami tanam pohon. Kedepan tiap tiga sampai empat bulan sekali kami selalu lakukan sebagai wujud cinta lingkungan. Dengan Harapan lingkungan memberikan timbal balik, tidak ada lagi bencana banjir dan tanah longsor karena alam terjaga keasriannya,” pungkasnya. (Eko.B).

admin

Recent Posts

BRI Regional Office Banjarmasin Berbagi Bahagia Bersama Sahabat Pers

BANJARMASIN, infobanua.co.id - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan keutamaan. Dalam Semarak Ramadhan…

18 menit ago

Pemkab Kapuas Gelar Musrenbang Terkait RKPD Tahun 2025

KUALA KAPUAS-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas,mengelar Musyawarah Perencenaan Pembangunan (Musrenbang),dalam hal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)…

4 jam ago

Bulan Suci Ramadhan Kasat Samapta Polres Kotabaru AKP Suroto Himbau Masyarakat Jauhi Tawuran

KOTABARU, infobanua.co.id - Kasat Samapta Polres Kotabaru, AKP Suroto memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat…

7 jam ago

Bupati Nunukan Bagikan Paket Sembako untuk Warga Kurang Mampu

NUNUKAN- Pemkab Nunukan menyalurkan bantuan sosial kepada yang berwajib atau yang berhak. Bantuan itu diselenggarakan…

10 jam ago

Ketua Komisi III DPRD Kalsel Terima Kunjungan Kerja Komisi D DPRD Jatim Terkait Pertambangan

Banjarmasin, infobanua.co.id – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (DPRD Kalsel)…

10 jam ago

Pansus I DPRD Kalsel Apresiasi Capaian Kinerja Setwan Kalsel yang dipimpin Muhammad Jaini

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dipimpin oleh Muhammad Jaini, Setwan Kalsel mendapat pengakuan yang luar biasa atas…

11 jam ago