Categories: HULU SUNGAI UTARA

Bupati HSU Sampaikan LKPj Tahun 2020

AMUNTAI – Anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Rapat Paripurna tentang penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) Kepala Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun anggaran 2020, Selasa (23/3/2021).

Rapat Paripurna dihadiri Bupati HSU H Abdul Wahid HK, Sekretaris Daerah, serta Kepala SKPD dilingkungan Kabupaten HSU.

Rapat Paripurna dipimpin dan dibuka Ketua DPRD HSU, Almien Ashar Safari, didampingi Wakil Ketua I, Mawardi, SH, MM, dan Wakil Ketua II, Faturrahim. Anggota dewan yang hadir berjumlah 27 orang dan tidak hadir 3 orang.

Bupati HSU H Abdul Wahid HK dalam laporannya, menyampaikan mengenai kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah, baik yang dalam hal pengelolaan pendapatan daerah, pengelolaan belanja daerah maupun pengelolaan pembiayaan daerah.

Pada tahun 2020, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam hal pengelolaan pendapatan daerah telah berupaya melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan daerah.

Bupati H Abdul Wahid HK menyampaikan mengenai kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah, dalam Rapat Paripurna di DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara di Kota Amuntai, Kalimantan Selatan.

Namun, kendala yang dihadapi selama tahun 2020 adalah pandemi Covid-19 yang terjadi sepanjang tahun 2020.

Kondisi tersebut menyebabkan tidak tercapainya target pendapatan, baik dari pos pendapatan asli daerah maupun dari pendapatan transfer dari pemerintah pusat.

Secara total, pendapatan hanya mampu terealisasi sebesar 95,09 persen, yaitu sebesar Rp 1.207.564.913.956,34. Sedangkan target yang ditetapkan sebesar Rp 1.269.865.899.942.

Kemudian, Wahid juga mengatakan, dampak negatif pandemi Covid-19 terlihat dari sisi belanja daerah yang mengakibatkan pencapaian realisasi belanja selama tahun 2020 hanya mencapai 83,36 persen,  yaitu sebesar Rp 1.223.129.865.888.

“Keberhasilan dan kemajuan yang telah dicapai diharapkan dapat dijadikan modal untuk mendukung pelaksanaan program pembangunan pada tahun-tahun mendatang sebaliknya segala kekurangan dan kelemahan yang ditemui dapat dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan ke depan,” ujarnya. rel/bp

 

admin

Recent Posts

Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis SSos Apresiasi Musrembang 2024 Dalam RKPD Kotabaru Tahun 2025

Kotabaru, Infobanua.co.id - Pemkab Kotabaru menggelar acara musrenbang tahun 2024 dalam RKPD tahun 2025. Acara…

8 menit ago

Pemkab Pessel Bakal Rekrutmen 500 Orang PPPK dan CPNS Tahun Ini

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) bakal menuntaskan semua…

56 menit ago

Pemkab Pessel Bakal Relokasi Korban Terdampak Parah Banjir dan Longsor di Kecamatan Sutera

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) tengah berupaya mencarikan…

1 jam ago

15 Orang Siswa SMKN I Sutera, Berhasil Lulus Seleksi Beasiswa Perguruan Tinggi Jalur Prestasi

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Sebanyak 15 orang siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN…

1 jam ago

DPRD Kotabaru Gelar Rapat Paripurna Persidangan II Rapat ke 6 di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kotabaru

KOTABARU, infobanua.co.id - Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kotabaru masa persidangan II rapat…

2 jam ago

Pemkab Kotabaru Gelar Musrenbang 2024 Dalam Rangka RKPD Tahun 2025

KOTABARU, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar Musrenbang 2024, Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah…

2 jam ago