OTK Menyerang Tim BBKSDA Sumut, Lalu Berlindung Ke Markas Brimob Kota Binjai

  • Whatsapp

Binjai, Infobanua.co.id – Kepala Seksi Wilayah ll BKSDA Sumut, Herbert Aritonang, membenarkan adanya Sejumlah OTK yang melempari Mobil Dinas yang dibawa oleh Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Sumatera Utara, Senin (22/03/2021).

Ia menjelaskan peristiwa tersebut, bahwa OTK menyerang, sembari melempari Kaca Mobil Dinas Tim BBKSDA Sumut. Kemudian Tim BBKSDA masuk ke Area Markas Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Daerah Sumut, yang berada di Jalan Soekarno – Hatta, Binjai Timur, untuk berlindung dari serangan susulan dari OTK tersebut.

“Benar, ada penyerangan kepada Kami sejak keluar dari Rumah Ketua OKP itu, dan melakukan pelemparan dengan Batu ke Arah Mobil Dinas yang kami pakai,” ungkap Herbert, saat dikonfirmasi.

Sedangkan untuk informasi lebih lengkap, Herbert Aritonang menyarankan awak media ini untuk menghubungi Kabidnya.

“Mohon untuk informasi selengkapnya, silahkan hubungi Pak Kabid ya. Data lengkapnya sudah ada sama pak Kabid,” ucap Herbert, sembari memberikan Nomor Seluler Kabid yang dimaksud, yang bernama Mustafa.

Konfirmasi pun dilakukan kepada Mustafa. Namun, ia belum bisa menjelaskan kronologis tersebut karena sedang berdiskusi.

“Maaf mas lagi diskusi,” ucap Mustafa singkat.

Diketahui, Sejumlah Orang Tak Dikenal (OTK) melempari Mobil Dinas yang dibawa oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Sumatera Utara, Senin (22/3) Siang. Mobil Dinas tersebut, merupakan Milik Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Kepala Bagian Tata Usaha BBKSDA Sumut, Teguh Setiawan, saat dikonfirmasi awak media mengatakan, kejadian bermula dari kedatangan mereka yang terdiri dari BBKSDA, Taman Nasional Gunung Leuser, dan OIC-SRA ke Kota Binjai, untuk menyita Seekor Orang Utan, dari Salah Satu Rumah Ketua Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada di Kota Binjai.

Obrolan mengalir, dan berjalan damai, serta santai saat berada di Rumah Ketua OKP tersebut. Namun, usai meninggalkan Rumah tersebut, kata Teguh, Pihaknya mendapat Aksi Teror berupa Pelemparan dengan Batu, ketika meninggalkan Lokasi Rumah Ketua OKP tersebut yang berjarak, Sekira 1 Km jauhnya.

Akibatnya, Mobil yang ditumpangi mereka mengalami Pecah Kaca di Sebelah Kiri. Akibat dari kejadian itu, ungkap Teguh, Pihaknya sudah membuat Laporan Pengaduan ke Polres Binjai. Laporan itu terkait Penyerangan, dan Pengerusakan Mobil Dinas. BBKSDA juga meminta Perlindungan Hukum atas Penyerangan, dan Pengrusakan Mobil Dinas yang mereka pakai.

“Kami ke Polres Binjai melapor terjadinya Pengerusakan Dua Unit Mobil, yaitu Milik TNGL, dan Mitra kita. Kalau Tim tidak ada yang terluka. Kami belum bisa sebutkan apakah ini Milik Oknum OKP, kami belum bisa pastikan. Yang pastinya, tanpa melihat Siapa pun dia, jika ada yang melindungi Satwa Tanpa Izin, harus diserahkan ke BBKSDA,” ujar Teguh.

(William/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *