Penambang Emas di Bulungan Diberi Penyuluhan dan Diajak Jaga Lingkungan

  • Whatsapp

Bulungan, Infobanua  – Binmas Polda Provinsi Kalimantan Utara dan Polres Bulongan melaksanakan pembinaan dengan mengundang Camat Sekatak dan beberapa Kepala Desa, di Gedung Balai Pertemuan umum  (BPU) Kecamatan Sekatak Kabupaten Bulungan, Kamis (25/3/2021).

Camat Sekatak Safri menyampaikan pengarahan, bahwa sudah beberapa kali melakukan sosialisasi agar penambang rakyat untuk mengurus legalitas. Termasuk mengusulkan WPR ke Pemerintah daerah dan ke DPRD Kabupaten Bulungan. Agar diperjelas RT/RW agar bisa menetapkan lokasi WPR dan membuat perda. “Hal itu berdampak pada royalti atau kontribusi yang masuk ke kas daerah, sehingga masyarakat bisa dapat mengurus IPRnya,” katanya.

Makromi Kabid DLH Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bulungan memberi pengerahan dan sosialisasi tentang  dampak lingkungan. Yang meminta pola kerja pasca tambang agar tak mencemari lingkungan. “Penambang untuk memperhatikan dampak lingkungan, memperhatikan dan memperbaiki berkas tambang atau reklamasi pasca tambang,” katanya.

Yunita SDM Kaltara memberi pengetahuan dan pembinaan kepada kelompok penambang mas Rakyat Sekatak puji RMC  APRI untuk memberi sosialisasi kan UU minerba no 3 tahun 2020 serta tata cara mendapat kan WPR – IPR untuk kelompok tambang mas Rakyat agar tidak lagi menambang secara ilegal.

Ketua DPW APRI Kaltara Adam berharap, RMC kelompok penambang mas Rakyat Sekatak Puji bahwa memang betul binaan DPW  APRI Provinsi Kaltara dan memohon dukungan dari semua pihak agar bisa terwujud keinginan masyarakat penambang mas rakyat diberikan legalitas sehingga memberikan kontribusi kepada pemda. “Daripada memberikan kepada oknum-oknum yang tidak jelas peruntukannya dan tidak bertanggung jawab,” ungkapnya.

Penulis : Philipus. A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *