Dituding Hambat Data Kependudukan, Ini Klarifikasi Notarisman Hia

  • Whatsapp
Notarisman Hia

Nias Barat, Infobanua.co.id – Tudingan yang dialamatkan kepada Notarisman Hia seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintahan Kabupaten Nias Barat yang ditugaskan sebagai staff Pengelola Aplikasi Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dianggap menghambat proses pendataan penerima Bansos di Dinas Sosial Kabupaten Nias Barat, Bukan karena kesengajaan tetapi karena masih memiliki atasan.

Akibat dari tudingan tersebut, Notarisman Hia diberhentikan oleh Wakil Bupati Nias Barat yang juga merupakan Bupati Nias Barat terpilih sesaat setelah melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada 25 Maret 2021 lalu.

Pemberhentian Notarisman Hia dari jabatannya sebagai staf pengelola Aplikasi SIAK oleh Wakil Bupati Nias Barat diterima Notarisman apa adanya

“Secara pribadi saya siap, bahkan mutasi ke instasi lain sekalipun saya siap, karena saya tau resiko dari sebuah tanggungjawab sebagai bawahan kepada atasan” tulis Notarisman kepada wartawan di whatsapp, (26/3).

Atas informasi beredar ditengah-tengah masyarakat dimedia sosial melalui informasi yang diekspose disalah satu media online (red), membuat pikiran dan moril Notarisman terbebani, karena seakan-akan Notarisman sengaja menghambat kepentingan masyarakat.

“Kalau boleh jujur, saya tidak pernah berniat mencederai kepentingan masyarakat, apalagi itu berkaitan dengan bantuan sosial. Perlu saya jelaskan bahwa, pada saat Wabup dan rombongan melakukan sidak, saya tidak bermaksud menahan-nahan dengan tidak memberikan data yang diminta untuk dibuka dan diberikan, sebab, tanpa seizin dan sepengetahuan atasan saya, saya tidak berani bertindak sendiri, dan itu prosedur pekerjaan kami sebagaimana diatur dalam Undang Undang No.24 Tahun 2013 pasal 58 ayat (1) tentang perubahan atas Undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, Undang Undang nomor 24 Tahun 2013 pasal 70, Surat Edaran Dirjend. Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nomor: 470/18754/Dukcapil tanggal 10 Oktober 2018 tentang Pemanfaatan Data Kependudukan” ujarnya.

Notarisman mengapresiasi langkah serta ketegasan Wabup, sebab hal itu merupakan hal positif yang patut di apresiasi demi peningkatan mutu Pelayanan Adminduk sebagai salah satu pelayanan publik di wilayah Pemerintah Kabuapaten Nias Barat, katanya.

“Patut diapresiasi tindakan yang dilakukan Wabup, saya yakin semua itu demi peningkatan mutu Pelayanan Adminduk sebagai salah satu pelayanan publik di wilayah Pemerintah Kabuapaten Nias Barat”. (Arman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *