infobanua.co.id
Beranda BANJAR Peringati Hari Air Sedunia Mahipa IAI Darusalam Lakukan Aksi Susur Sungai Bersihkan Sampah

Peringati Hari Air Sedunia Mahipa IAI Darusalam Lakukan Aksi Susur Sungai Bersihkan Sampah

BANJAR, infobanua.co.id – Dalam rangka menyambut Hari Air Sedunia, Mahipa IAI Darussalam bekerja sama dengan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kalimantan Selatan dan Kabupaten Banjar melakukan kegiatan susur sungai dengan tujuan membersihkan sampah di permukaan sungai.

Mahasiswa Islam Pecinta Alam (Mahipa) Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Martapura yang tergabung dalam Super Friends Banjarmasin melakukan aksi untuk menyelamatkan lingkungan. Jumat (26/3)

Wakil Ketua Umum Mahipa IAI Darussalam Shofy Muhammad mengatakan kegiatan susur sungai ini berlangsung di Saluran Irigasi Cindai Alus hingga Irigasi Pinus, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

Sekitar 10 orang ikut serta membersihkan sampah-sampah di saluran irigasi ini dengan menggunakan 2 perahu karet.

“Alasan kami membuat kegiatan ini sebenarnya sederhana. Belakangan ini, sampah di Saluran Irigasi Cindai Alus-Pinus semakin banyak sehingga mengakibatkan aliran air terhambat dan naik ke atas. Hal ini tentu bisa mengakibatkan banjir. Karena itulah, kami kemudian berinisiatif untuk mengadakan aksi ini,” kata Shofy Muhammad.

Disisi lain Wayang sapaan akrabnya melanjutkan, dalam aksi susur sungai sejauh kurang lebih 1,5 kilometer tersebut, para anggota Mahipa IAI Darussalam yang tergabung dalam Super Friends Banjarmasin di bawah payung Kolaborasi KITA bersama FAJI Kalimantan Selatan dan FAJI Kabupaten Banjar berhasil mengumpulkan 5 kantong sampah dari permukaan sungai.

“Sampah-sampah yang kami kumpulkan diantaranya sampah plastik, kayu, bambu, dan lain sebagainya. Dengan aksi seperti ini, kami juga ingin menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya untuk tidak membuang sampah di sungai,” lanjutnya.

Selain susur sungai, kegiatan lain yang dilakukan Mahipa IAI Darussalam dalam memperingati Hari Air Sedunia adalah workshop mengenai lingkungan dan game berupa fun rafting.

Devin Ilham, selaku Penanggung jawab Super Friends Banjarmasin yang berada di bawah payung Kolaborasi KITA mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan Mahipa IAI Darussalam. Menurut Devin, kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh bagi para mahasiswa maupun komunitas pecinta alam lainnya.

“Aksi yang dilakukan Mahipa IAI Darussalam bersama FAJI Kalimantan Selatan dan Kabupaten Banjar ini sungguh luar biasa. Selain membantu menyelamatkan lingkungan, kegiatan ini juga menjadi kampanye bagi mapala maupun komunitas lain untuk melakukan kegiatan serupa,” Pungkas Devin.

febri

Bagikan:

Iklan