DPRD Kotabaru Gelar Rapat Paripurna Tentang Usul Pengesahan Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

  • Whatsapp

Kotabaru, infobanua.co.id – DPRD Kotabaru menggelar Rapat Paripurna dengan acara pokok pengumuman Pimpinan DPRD Kabupaten Kotabaru tentang usul pengesahan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pilkada tahun 2020.

Dalam keterangannya Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis.S,Sos menyatakan, berdasarkan Undang-undang nomor 8 tahun 2015 pasal 160 ayat 3 dan surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 120/546/OTDA tanggal 26 Januari 2021 juga keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru nomor 007/PL.02.7-Kpt/6302/Kab/III/2021 tanggal 22 Maret 2021 serta Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 131/1921/OTDA tanggal 25 Maret 2021.

Maka selanjutnya akan kita umumkan kepada seluruh masyarakat Kotabaru.

” Terkait pelantikan secara prosedur setelah paripurna ini, keputusan disampaikan oleh pimpinan DPRD Kotabaru nanti dalam bentuk dokumen,” terang Ketua DPRD Syairi Mukhlis.

Selanjutnya akan kami sampaikan kepada Mendagri melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara dalam sambutannya Plh Bupati Kotabaru Said Akhmad M.M menyampaikan, sesuai amanat undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, DPRD Kabupaten/Kota mempunyai tugas dan wewenang mengusulkan, pengangkatan dan pemberhentian Bupati/Walikota kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk mendapatkan pengesahan, pengangkatan dan pemberhentian.

Setelah diparipurnakan, maka hasil usulan pengesahan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih akan diusulkan ke Kementerian dalam negeri melalui pemerintah Provinsi Kalsel.

Sementara itu sambung Said Akhmad, mengenai agenda pelantikan sendiri akan dilakukan setelah mendapat petunjuk resmi dari Kemendagri dan Pemprov Kalsel.

” Untuk itu kami menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan dukungan dan tanggung jawabnya. Sehingga Pilkada tahun 2020 di daerah bisa berjalan dengan lancar,” sebutnya.

Atas nama pemerintah Kabupaten Kotabaru sekaligus mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Kotabaru dan seluruh jajarannya termasuk PPK, PPS dan KPPS serta kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga seluruh jajarannya di semua Kecamatan, Desa dan Kelurahan yang telah bekerja keras melaksanakan Pilkada tahun 2020 lalu.

” Kepada seluruh Paslon kepala daerah dan wakil kepala daerah bersama tim kampanye masing-masing secara khusus mengucapkan terimakasih dan penghargaan, karena telah berperan langsung membangun demokrasi lewat Pilkada” imbuhnya.

Kepada seluruh unsur Forkopimda yang telah mengawal dan memberikan situasi kondusif. Sehingga seluruh rangkaian Pilkada dapat dilalui dengan lancar.

” Mudah-mudahan pelantikan Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih bisa disegerakan, tentunya dengan melalui proses yang telah diatur oleh undang-undang,” harap Said Akhmad.

(JL).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *