Kadis Pertanian Balangan Cek Persiapan Ekspor Porang Ke Jepang

  • Whatsapp

infobanua.co.id – Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Balangan Rakhmadi Oe’un beberapa waktu lalu bahwa Kabupaten Balangan akan melakukan ekspor porang Balangan ke Jepang pada awal April ini.

Di salah satu rumah petani porang Balangan yang letaknya di Perumahan Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan, Rahmadi langsung meninjau lokasi penjemuran porang untuk persiapan rencana ekspor porang ke Jepang tersebut.

Dalam hal ekspor porang Balangan pertama ini, bekerjasama dengan PT Buana Alam Lestari, dengan target sebanyak sepuluh ton porang kering, dan saat ini sudah kering sekitar lima ton.

“Mudah-mudahan cuaca panas, sehingga target 10 ton akan bisa terpenuhi. Kami konsen dan sangat ingin membantu untuk pelaksanaan ekspor ini supaya sukses, karena ekspor pertama porang ke Jepang ini merupakan sesuatu hal yang sangat luar biasa buat Kabupaten Balangan,” kata Kadistan Balangan tersebut, Kamis (01/04/2021).

“Di Kalimantan Selatan mungkin di kelompok-kelompok tani atau asosiasi belum ada yang mengekspor ke Jepang, oleh sebab itu kami kawal dan kami terus akan mengawal ini sampai terlaksananya ekspor pada bulan ini,” tambahnya.

Ia menyebut, tanggal ekspor porang Balangan ke Jepang diperkirakan akan terlaksana sekitar tanggal 10 sampai dengan 14 April, karena deadline paling lambat adalah 14 April 2021. Oleh karena itu pihaknya ingin sangat konsen dan ingin membantu pelaksanaan ekspor ini supaya sukses.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Balangan Rizkianor Fauzi menyampaikan, untuk menindak lanjuti terkait rencana pengiriman porang Balangan ke Jepang ini, pihaknya akan mengikuti instruksi dan arahan dari Bupati Balangan.

 

“Tindak lanjut dari tanaman porang Balangan yang akan di ekspor ke Jepang ini kita akan sesuai arahan dari Bapak Bupati serta Kepala Dinas bahwa tanaman porang yang mempunyai nilai ekonomis tinggi ini akan lebih kita kembangkan lagi di Kabupaten Balangan,” cetusnya.

“Ia melanjutkan, Kabupaten Balangan hingga sampai ini telah memiliki luasan tanaman porang sampai 810 hektare yang ada. Hal ini kita tindak lanjuti dengan usulan-usulan di Kementerian bahwa Balangan mempunyai potensi porang yang nilai ekonomisnya tinggi,” paparnya.

Turut berhadir, perwakilan dari PT Buana Alam Lestari selaku pengekspor, Amir Karyani menyebut, porang Balangan ini pembelinya dari Jepang tetapi kita akan ekspor langsung ke tempat produksinya yaitu ada di Taiwan.

 

“Akan kita kirim langsung ke tempat produksinya di Taiwan, dengan nantinya porang balangan akan dijadikan bahan makanan atau beberapa bahan-bahan lainnya, dengan harga pasaran sesuai dengan kontrak yaitu dari PT Buana Alam Lestari,” pungkasnya

ril

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *