Baznas Memotivasi Mustahik Menjadi Muzakki

  • Whatsapp

Samarinfa, infobanua.co.id – Plt Kepala Kementerian Agama Samarinda Mohlis melalui Plt Kasubag TU H. Muhammad Syahrir mengatakan selama ini kita sudah sering mendengar wajibnya membayar zakat, lalu sudah tahukah kita dengan jelas dan rinci siapa saja golongan yang diperbolehkan menerima zakat.

Tentunya yang berhak menerima zakat, ada  8 Asnaf yang menerima manfaat zakat berdasarkan surat At-Taubah ayat 60 yakni Fakir, Miskin, Amil, Mu’allaf, Hamba sahaya, Gharimin, Fisabilillah dan Ibnus Sabil.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Samarinda punya Standar Operasional Prosedur (S.O.P) ada standar serta keputusan untuk membantu seseorang.

Kita harus memahami karena uang ini bukan uang Baznas tapi uang umat, jadi mereka (Baznas,red) harus menjaga yang namanya amanah.

Disamping itu amil harus harus punya integritas (kepercayaan) dan sedikit saja masalahnya apalagi mendengar namanya uang.

Syahrir menambahkan, bahwa Baznas ini memotivasi masyarakat kita bukan pengharap kepada penzakat. “Justru kita malu meminta zakat berarti kita masuk katagori lapang”.

Baznas itu membantu kepada masyarakat untuk memotivasi misalnya, orang punya prestasi tapi tidak mampu secara ekonomi, orang punya kelebihan penghafal Al Qur’an dan orang miskin.

Standar atau tidak standar tapi fungsi mustahik. Jadi bukan membiayai kebutuhan kehidupan sehari-hari atau setiap bulannya dan masyarakat tidak mampu jangan berharap di Baznas dibantu setiap bulan.

Baznas sekarang berusaha mencari yang tadinya mustahik menjadi muzakki (tadinya menerima sekarang memberi). “Bukan terus menerus meminta itu sesungguhnya,” tapi sendirikan masyarakat kita, ucap Syahrir. (Rei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *