BKH Keliru Memaknai Yesus Sebagai Tokoh Radikal

  • Whatsapp

Jakarta,Infobanua.co.id – Arti dari gelar adalah julukan penghormatan kepada seseorang. Alkitab banyak mencatat gelar Yesus. Semua isi dari alkitab ditujukan kepada Yesus. Dimulai dari kejadian hingga wahyu. Di kitab kejadian Yesus pertama kali disinggung gelar penghancur ular atau iblis. Kisah zaman musa dari korban juga menyinggung gelar Yesus sebagai korban penebus, kisah raja – raja menyinggung gelar Yesus sebagai raja satu – satunya, hingga akhir wahyu menyinggung gelar Yesus sebagai satu – satunya kunci membawa keselamatan. Yesus disebutkan sebagai Tuhan, anak Allah, dan penghiburan terbukti dari kitab Matius disebutkan Yesus, Allah, dan Roh kudus

Menurut pemahaman BKH sebagai pribadi, yg menyatakan kehadiran Yesus sebagai tokoh radikal yg melawan kesewenang- wenangan penguasa yg membelenggu kebebasan umat..tentu  menjadi pertanyaan dan urapan baru bagi saya dan kita semua sebagai umat kristiani terutama  terhadap umat yg mana yg mendapat kesewenang -wenangan Penguasa pada saat itu?  BKH begitu hebatnya mengurapi pemaknaan nama, gelar dan lambang terhadap Yesus ,…dimana  secara jelas dalam.injil Matius 5: 17 “Janganlah kamu menyangka bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya .

Apakah hubungan antara kewenangan Yesus dengan kewenangan hukum Musa?
maupun kesewenang -wenangan Penguasa saat itu terhadap kewenangan Yesus yang dimaknai sebagai tokoh yg radikal ? Disini ..

Yesus memberikan jawaban yang sangat  tegas. ” Dia datang tidak untuk meniadakan Perjanjian Lama melainkan menggenapinya dan menyempurnakannya. Apa itu sesuatu yg dimaknakan sebagai pribadi yg radikal..BKH sangat keliru dan memaknai Kewenangan Yesus dari sudut pandang penganut dan jagat politik dalam melihat perilaku tindak penguasa saat ini saja.

Hal itu dapat dilihat apa yg disampaikan Yesus  maknanya yang benar, karena selain isi Perjanjian Lama yang mempunyai keandalan yang abadi. Akibatnya, kebesaran dalam Kerajaan Allah akan diukur menurut ketaatan pada hukum Taurat. Saya boleh simpulkan bahwa BKH melihat ketaatan terhadap hukum Taurat sebagai sesuatu kesewenang- wenangan penguasa yg membelenggu umat pada saat itu ,BKH sudah  menjugkirbalikan ajaran gereja, khususnya Katolik dimana Yesus rela menderita sampai mati di kayu salib bukan krn Dia konsisten melawan kesewenang-wenangan penguasa, tapi karena ketaatan-Nya pada kehendak Allah untuk menebus manusia. Pernyataan BKH masuk kategori bidaan/ajaran sesat. Yesus yang kita imani adalah sosok penebus bukan sosok radikal :
Yesus pernah menyampaikan “Jika kamu tidak melakukan kehendak Allah melebihi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga (Matius 5:20).  Bagaimana mungkin ? Pikir para murid Yesus. Ahli Taurat dan orang Farisi menguasai 248 perintah dan 365 izin dalam Perjanjian Lama dan mereka klaim telah menjalankan semuanya.

Semua perintah dan izin sudah seperti doktrin bagi orang-orang Farisi dan ahli Taurat.

Bagaimana murid-murid Yesus dapat melakukan hal yang melebihi orang-orang yang sudah klaim paling benar dimuka bumi dengan semua doktrin keagamaan mereka ???

Pertanyaan diatas tidak sulit dijawab oleh Yesus. Kebenaran dalam Yesus melebihi kebenaran yang diklaim orang Farisi, sebab Yesus menyampaikan kebenaran yang lebih dalam adalah  kebenaran dari hati menurut ketaat terhadap Bapak- Nya disurga
Jika hal demikian menjadi dasar arti dan gelar yg disampaikan BKH sebagai seorang tokoh radikal, itu yg patut dipertanyakan pemaknaan arti ,nama dan lambang serta gelar tersebut  ? Mungkin sebaiknya BKH cukup mengakui Yesus sebagai Tokoh pembebas dimana
Pembebas ,menurut (Rm 11:26)  Sebagaimana orang Israel membutuhkan Allah untuk membebaskan mereka dari perbudakan bangsa Mesir, Kristus merupakan Pembebas kita dari perbudakan dosa ,mungkin ini lebih tepat.

Selamat Pesta Paskah bagi keluarga besar Nagekeo Mandiri dimanapun berada..

Salam Jo- Hans Gore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *