DPD Dorong Kerjasama Energi Terbarukan dengan Korea Selatan

  • Whatsapp

Jakarta, infobanua.co.id – Ketua Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP ) DPD RI dalam pertemuan dengan korea Selatan telah membahas akan pentingnya energi baru terbarukan renewable energy sources

Seperti dikutip dari instahram gtfarid.official,Minggu (4/4/2021),ketua BKSP Gusti Farid Hasan Aman mengatakan “Beberapa waktu yang lalu kami membahas penjajakan kerja sama Indonesia dengan Korea Selatan untuk clean energy. Kami membahas pentingnya pengembangan energi terbarukan atau renewable energy sources, atau yang kita kenal seperti sinar matahari, angin, panas bumi, laut, dan biomassa”.

Menurut Senator Asal Provinsi Kalimantan Selatan tersebut,energi dunia saat ini dipenuhi melalui sumber-sumber energi tak terbarukan. Mengingat terbatasnya sumber pasokan energi tersebut, kita juga perlu mempertimbangkan dampak pemakaian sumber energi tak terbarukan terhadap beberapa permasalahan global.,pemanasan global adalah salah satunya.

Indonesia merupakan negara dengan potensi panas bumi terbesar di dunia, mencakup 40 persen dari panas bumi dunia. Pemanfaatan kita untuk pembangkit listrik saat ini hanya berkisar 4 persen dari yang seharusnya. Oleh karena itu, kita perlu memperoleh dukungan teknologi dan IPTEK, salah satunya dari Korea Selatan. Duta Besar RI untuk Korea Selatan pernah membahas potensi besar kerja sama dengan negara ini,jelas Farid.

KBRI Seoul saat ini mengumpulkan WNI yang telah menyelesaikan pendidikan S3 untuk ditampung di sebuah asosiasi peneliti ilmuwan Indonesia di Korea (APIK).”Saat ini sudah ada 200 orang yang bekerja di KBRI untuk divisi riset dan pengembangan. Mereka diharapkan dapat mempelajari teknologi Korea Selatan untuk diterapkan dan diajarkan di Tanah Air,”pungkas Gusti Farid Hasan Aman.*

indra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *