Dinas LH Balangan Usulkan 1 Kelurahan dan 9 Desa Masuk Program Kampung Iklim

  • Whatsapp

PARINGIN- Jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menggelar sosialisasi tentang Program Kampung Iklim (Proklim).

Perwakilan dari 10 desa di Kabupaten Balangan mengikuti kegiatan ini dikarenakan masuk dalam Program Kampung Iklim.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Balangan, Musa Abdullah, melalui Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Dessy Reyhanie, mengatakan, ada 10 Kampung Iklim yang akan dikembangkan.

Wilayah yang akan dibina adalah Kelurahan Paringin Timur, Desa Murung Ilung, Desa Balida, Desa Panggung, Desa Bungin, Desa Bihara Hilir, Desa Sungai Batung, Desa Banua Hanyar, Desa Riwa dan Desa Batumerah.

“Dari semua Kampung Iklim ini, tiga di antaranya sudah mendapat penghargaan dan tujuh lainnya masih pemula,” ucap Dessy, Senin (5/4/2021).

Ia menjelaskan, selain memberikan sosialisasi, pihaknya juga bermitra dengan perusahaan swasta untuk mendukung program Kampung Iklim tersebut.

Program Kampung Iklim, jelas Desy, bertujuan untuk menciptakan ketahanan masyarakat terhadap adanya perubahan iklim.

Perubahan kemarau dan musim hujan berdampak pada perubahan lingkungan, sehingga kemarau panjang, kemungkinan adanya kebakaran hutan dan lahan ataupun bencana banjir pada musim hujan.

Baca juga: Awasi Aktivitas Pengunjung di RTH Batumandi, Disperkim Balangan Rencanakan Pasang Kamere CCTV

Apabila satu wilayah sudah melaksanakan Program Kampung Iklim, jelas Desy, warga pun akan melaksanakan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim tersebut.

Sumber: https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/04/05/dinas-lh-balangan-usulkan-1-kelurahan-dan-9-desa-masuk-program-kampung-iklim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *