Dinhub.Kota Blitar Tunggu Dari Pusat Tentang Pengamanan Larangan Mudik

  • Whatsapp

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, masih menunggu petunjuk teknis dari Pemerintah Pusat terkait dengan larangan mudik pada Lebaran tahun ini.

Kepala Dishub Kota Blitar, Priyo Suhartono, mengatakan bahwa, pihaknya akan mengikuti keputusan dari Pemerintah Pusat terkait kebijakan larangan mudik Lebaran tahun 2021.

“Rencananya, Rabu nanti akan ada Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) seluruh perhubungan darat dengan Kemenhub. Salah satunya membahas tentang larangan mudik Lebaran tahun 2021,” kata Kepala Dishub Kota Blitar, Priyo Suhartono, Senin 05-04-2021.

Menurut Priyo, bahwa Pemerintah Pusat memang sudah mengeluarkan kebijakan larangan mudik Lebaran tahun 2021.

Namun sampai saat ini baik Kemenhub maupun Polisi belum mengeluarkan petunjuk teknis terkait larangan mudik Lebaran tahun 2021 tersebut.

“Muaranya adalah kami mengikuti kebijakan dari Pemerintah Pusat,” jlentrehnya.

Lebih dalam Priyo menerangkan bahwa, pihaknya memperkirakan teknis pengamanan larangan mudik Lebaran di masa pandemi covid-19 tidak jauh berbeda dengan Lebaran tahun lalu.

Dimana Pemerintah Daerah akan melakukan penyekatan dan mendirikan check point di pintu masuk Perbatasan Kota.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga akan mendirikan posko di Terminal Bus dan Stasiun Kereta Api.

“Kami pikir teknisnya sama seperti tahun lalu. Dilakukan penyekatan dan pendirian check point di perbatasan Kota dan di Terminal Bus serta Stasiun Kereta Api,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Terminal Tipe A Patria Kota Blitar, Verie Sugiharo, mengatakan bahwa, masih menunggu kebijakan lebih lanjut dari Pemerintah Pusat tentang larangan mudik Lebaran tahun 2021.

“Tapi terminal tetap beroperasi, terkait teknis pengamanannya, kami masih menunggu informasi Pemetintah Pusat,” paparnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan, mengatakan jika pihaknya juga masih menunggu kebijakan dari Polda Jawa Timur terkait larangan mudik Lebaran tahun 2021 ini.

“Kami masih menunggu kebijakan dari pusat dalam hal ini Polda Jawa Timur. Apakah nanti pengamannya seperti apa, apakah perlu penyekatan atau tidak,” pungkasnya. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *