Memimpin RDP,Pangeran Meminta Komnas Ham Selesaikan Kasus Pelanggaran HAM Berat

  • Whatsapp

Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khaerul Saleh dalam memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi Nasional Hak Asai Manusia (Komnas HAM),meminta Komnas Ham untuk dapat menyelesaikan kasus pelanggaran Ham berat.

Pangeran meminta penyelesaian dan Komitmen Komnas Ham terhadap kasus kasus yang menarik perhatian masyarakat Indonesia maupun kasus kasus yang menarik perhatian dunia Internasional,termasuk bagaimana pemulihan hak hak korban terhadap pelanggaran ham berat,kata Pangeran dalam pengantar RDP antara Komisi III DPR RI dengan Komnas Ham,di Kompleks Parlement,Jakarta ,Selasa (6/4/2021).

Dalam RDP antara komisi III DPR RI dengan Komnas Ham di sepakati juga beberapa kesimpulan rapat diantaranya untuk melakukan koordinasi berkala terkait manajemen penanganan dan pengawasan perkara.

“Komisi III DPR sepakat dengan Komnas HAM melakukan koordinasi berkala terkait manajemen penanganan dan pengawasan perkara-perkara yang sedang dilakukan Komnas HAM sebagai bagian dari pemenuhan kewajiban pelaporan sebagaimana diatur dalam Pasal 97 UU HAM,” kata Pangeran

Pangeran Khairul Saleh saat membacakan kesimpulan RDP Komisi III DPR dengan anggota Komnas HAM mengatakan, Komisi III DPR meminta Komnas HAM menyampaikan laporan tahunan tentang pelaksanaan fungsi, tugas, dan wewenangnya.

“Beserta kondisi HAM dan hasil investigasi yang telah dilakukan terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM yang ditanganinya kepada DPR sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 97 UU 39 tahun 1999 tentang HAM,” kata Legislator asal daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Selatan I tersebut.

Komisi III DPR meminta Komnas HAM mengkaji secara komprehensif seluruh aspek terkait dengan hak-hak asasi manusia dan kebebasan dasar manusia yang diamanatkan dalam UU HAM,kata Politisi Partai PAN tersebut.

indra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *