Wisudawan Diharapkan Sumbangkan Ilmu

  • Whatsapp

Banjarmasin, infobanua.co.id = Universitas Terbuka (UT) Banjarmasin melaksanakan wisuda terhadap para mahasiswanya yang lulus di Tahun Akademik 2020-2021, Kamis (01/04/2021). Kali ini para wisudawan/wisudawati yang mengikuti kegiatan wisuda tak perlu harus berhadir di kampus yang beralamat di Jalan Sultan Adam Nomor 128 Banjarmasin itu. Sebab wisuda dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) sehubungan terjadinya pandemi Covid-19 saat ini.

Para wisudawan baik yang berdomisili di wilayah Kalsel sendiri maupun luar cukup mengikuti acara wisuda melalui aplikasi zoom. Sementara yang berhadir di kampus hanya Direktur UT Banjarmasin Mochamad Priono, Ketua IKA UT Kalsel H Akhmad Mawarni, para dosen, dan staf UT lainnya.

Menariknya, wisuda yang dilaksanakan UT Banjarmasin kali ini mengundang Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS untuk memberikan sambutan, kendati juga dilaksanakan secara daring dari ruang kerjanya.

Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS menyatakan, keberhasilan UT Banjarmasin melaksanakan wisuda ini patut disyukuri serta diharapkan para wisudawan/wisudawati yang dikukuhkan dapat menyumbangkan ilmu pengetahuan dalam mengisi pembangunan.

UT melalui program-program pendidikan, sebut Noormiliyani, telah menjangkau hampir semua lapisan masyarakat. Institusi pendidikan jarak jauh ini bahkan dapat menjangkau masyarakat yang berada di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal. Hal ini, lanjutnya, merupakan bukti UT mempunyai peran yang sagat signifikan dalam membangun karakter bangsa melalui proses pemeliharaan, pembinaan dan pengembangan karakter.

Kendati usaha-usaha untuk memelihara dan menumbuhkembangkan kearifan lokal yang bernilai positif perlu terus diupayakan. Mantan Ketua DPRD Kalsel itu mengatakan, ketersediaan SDM baik dari segi jumlah maupun mutu merupakan tantangan terbesar. Terlebih di era Industri 4.0 seperti sekarang perguruan tinggi harus bisa menghadirkan serta meningkatkan SDM para lulusan handal, berkualitas, kreatif, inovatif, cerdas, menguasai pengetahuan dan teknologi.

Noormiliyani menyatakan, keberhasilan, kesuksesan, kewibawaan dan ketenaran ditentukan kemampuan seseorang dalam mengkreasi diri disertai semangat, kerja keras, serta kemauan yang kuat.

“Semoga para wisudawan/wisudawati UT Banjarmasin dapat menjadi generasi baru yang peduli terhadap pendidikan dan pembangunan masyarakat sehingga mampu berkontribusi bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” harapnya.

Nang/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *