Categories: TAPIN

Pelatihan Pembuatan Kue Lokal di Tapin

RANTAU, infobanua.co.id – Paket pelatihan pembuatan Kuliner Lokal diselenggarakan selama 21 hari dan diikuti 16 Sigaluh wanita Tapin. Hasilnya membuat Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tapin, Fauziah bangga dengan kue buatan Ibu-Ibu di Desa Purut dan Desa Rumintin Kecamatan Bungur yang dapat langsung dipasarkan ke masyarakat.

“Hasil pelatihan itu sangat memuaskan dandapat langsung dipasarkan baik secara online atau menaruh di warung warga untuk ikut menjualkan,”katanya.

“Jadi apa yang disajikan mereka pada penutupan pembuatan, baik kue kering maupun kue basah. Sangat memuaskan,” ucap Fauziah senang.

Pelatihan sendiri dilakukan selama 21 hari, dimulai dari tanggal 18 Maret sampai 6 April, dengan instruktur seorang ahli pembuat kue dari Kecamatan Tapin Tengah.

“Usai pelatihan ini ada keinginan dari para peserta. Dengan membuat kelompok wirausaha dengan Dana BUMDes,” jelasnya, seraya berharap dengan penambahan keterampilan bagi masyarakat Desa ini diharapkan bisa menambah penghasilan mereka.

Sebelumnya Fauziah memberitahukan 2021 ini ada 26 paket pelatihan khusus untuk masyarakat Tapin yang belum memiliki keahlian atau yang masih mencari pekerjaan.

“Dari 25 pelatihan itu, untuk dana dari APBD ada 6 paket, dana APBN ada 12 paket dan di BLK Komunitas ada 8 paket itu juga memakai dana pusat,” ucapnya.

Adapun pelatihan-pelatihan menggunakan dana APBN yakni menjahit 6 paket, komputer 4 paket, sepeda motor 1 paket dan perakitan komputer 1 paket. Sedangkan yang menggunakan APBD, yakni pelatihan desain grafis 1 paket, salon kecantikan 1 paket, pembuatan kue 2 paket dan las listrik 1 paket.

“Sementara untuk BLK Komunitas masing-masing 4 paket. Di Ponpes Miftahul Huda menjahit dan Ponpes Assuniyah Tambarangan otomotif,” tuturnya.

Reporter Nasrullah

admin

Recent Posts

Banjarbaru Raih Gelar “Juara” Kampung KB dari BKKBN Jadi Kado Harjad ke-25

Banjarbaru, infobanua.co.id – Menuju pertambahan usia Kota Banjarbaru pada 20 April mendatang, sebuah kado indah…

1 jam ago

Rayakan Hari Jadi ke 1 Galuh Autosport Borneo Gelar Khitan Gratis dan Donasi Pembangunan Mesjid

BANJARBARU – Menyambut setahun berdirinya klub penggemar olahraga motor Galuh Autosport Borneo ke 1, digelar…

7 jam ago

Lomba Memancing Bagian dari Rangkaian Perayaan Hari Jadi Kapuas

KUALA KAPUAS-Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 218 bersamaan dengan Hari Ulang Tahun ke 73…

8 jam ago

Pragmatisme dalam Politik

oleh: Pribakti B *) Pragmatisme pada dasarnya berlawanan dengan konsep idealisme. Kalau idealisme dilandasi oleh…

8 jam ago

Halal Bihalal Pemkab Batola, Pj Bupati: Saatnya Saling Memaafkan dan Melayani Masyarakat Lebih Baik

Marabahan, infobanua.co.id — Usai libur dan cuti Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten…

9 jam ago

Trafik Internet Naik 12.87 Persen, Telkomsel Sukses Kawal Aktivitas Digital Pelanggan Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H

Trafik akses internet Telkomsel selama momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H (RAFI 2024) meningkat 12.87…

24 jam ago