Belajar Tatap Muka di Kalsel, Kabupaten Balangan Masih Menunggu Status PPKM Mikro

PARINGIN- Belajar Tatap Muka di Kalsel, Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan berencana menggelar Pembelajar Tatap Muka pada sekolah di wilayah Balangan.

Rencana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ini masih terus dibahas oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, terutama tentang mekanisme pembelajaran yang nantinya akan diterapkan.

Terlebih karena akan dilaksanakan di tengah pandemi Covid 19, protokol kesehatan pun menjadi perhatian utama dalam kegiatan PTM. Hal itulah yang disampaikan oleh Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Rafiul Amal, Kamis (8/4/2021).

Jelas Rafiul, hampir semua sekolah sudah menyampaikan usulan untuk PTM. Terlebih untuk menggelar PTM, sekolah pun juga harus mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid 19.

Baca juga: Belajar Tatap Muka Kalsel, Disdik Kabupaten HSU Lakukan Pemantauan ke Sekolah Secara Berkala

Baca juga: Sejumlah Sekolah di Sampit Mulai Belajar Tatap Muka Dengan Protokol Kesehatan Ketat

Baca juga: ULM Bakal Lakasanakan Belajar Tatap Muka Pertengahan Maret 2021, Begini Mekanismenya

Baca juga: Gedung SDN Baru di Desa Baru HST Rusak Parah, Kepsek Pastikan Belajar Tatap Muka Siswa di Tenda

Dalam pelaksanaan, Disdik Balangan terlebih dahulu akan melakukan uji coba pada beberapa sekolah di Balangan. Di antaranya SMP dan SD yang ada di kecamatan sebagai percontohan.

“Rencananya kami akan mengadakan uji coba terlebih dahulu pada delapan SD dan delapan SMP di Balangan, ” ucap Rafiul.

“Terutama pada sekolah yang prasarananya pendukung sudah siap terkait protokol kesehatan,” tambahnya.

Prasarana yang dimaksud jelas Rafiul meliputi ketersediaan tempat cuci tangan, hand sanitizer serta perlengkapan lainnya agar kebersihan siswa terjaga.

Tak hanya itu, sebelum dimulainya PTM nanti, para guru akan diswab yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.

Pelaksanaan PTM rencananya akan dilangsungkan setelah PPKM berbasis mikro usai. Namun Disdik Kabupaten Balangan masih menunggu arahan dan pemberitahuan dari Satgas Covid 19 tentang boleh atau tidaknya PTM. Termasuk apabila PPKM diperpanjang yang berpengaruh pada rencana kegiatan PTM nantinya.

Sumber: https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/04/08/belajar-tatap-muka-di-kalsel-kabupaten-balangan-masih-menunggu-status-ppkm-mikro